Tujuh Daerah di Sultra Telah Lunasi Anggaran Pilkada

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 22 Juli 2020
0 dilihat
Tujuh Daerah di Sultra Telah Lunasi Anggaran Pilkada
Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir. Foto: Ibnu/Telisik

" Sebelumnya kan Konawe Utara yang belum cair anggaran Pilkadanya tapi tadi saya cek ternyata sudah 100 persen, itu untuk daerah. "

KENDARI, TELISIK.ID - Tujuh daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) telah mencairkan Anggaran Pilkada 2020.

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir menyampaikan, dari tujuh daerah penyelenggara Pilkada, anggaran telah cair 100 persen.

Abdul Natsir menuturkan, sebelumnya tinggal Konawe Utara yang belum mencairkan anggaran Pilkadanya, namun setelah dicek, ternyata sudah 100 persen.

"Sebelumnya kan Konawe Utara yang belum cair anggaran Pilkadanya tapi tadi saya cek ternyata sudah 100 persen, itu untuk daerah," ungkapnya, Rabu (22/7/2020).

Baca juga: Ringankan Beban Korban Banjir Konawe, PKB Sultra Salurkan Obat dan Logistik

Ia juga menambahkan, saat ini KPU sedang melakukan tahapan pencocokan dan pemutahiran pemilih karena data yang sudah didapatkan harus disinkronkan dengan data DP4 dari Kemendagri, KPU RI dan kemudian juga ditambah dengan pemilih pemula yang tanggal 9 Desember 2020 akan datang genap berusia 17 tahun.

"Data ini nanti dihimpun semua dan menjadi data A-KWK yang merupakan data hasil sinkronisasi," tambahnya.

Lanjut Abdul Natsir, saat ini KPU juga tengah mencocokkan antara nama yang ada di daftar, apakah masih sama dengan kondisi yang ada di lapangan.

"Misalnya saya di salah satu kabupaten adalah pemilih 2019 yang lalu, kemudian didatangi apakah saya masih di rumah itu? Apakah saya masih memenuhi syarat pemilihan?. Makanya petugas pemutakhiran daftar pemilih yang akan bekerja dari rumah ke rumah untuk mencocokkan data pemilih," jelasnya.

KPU Sultra juga selalu menekankan kepada petugas yang bekerja di lapangan untuk terus menjalankan protokol kesehatan COVID-19.

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Baca Juga