Turun Status, Pelabuhan Watunohu Bakal jadi Pelabuhan Pengumpan Lokal

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 08 September 2020
0 dilihat
Turun Status, Pelabuhan Watunohu Bakal jadi Pelabuhan Pengumpan Lokal
Pelabuhan Watunohu, yang terletak di Desa Sapoiha, Kecamatan Watunohu, Kolaka Utara. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Dalam Perhubungan itu dikenal dua jenis pelabuhan, ada pelabuhan pengumpan dan ada pelabuhan pengumpul. Pelabuhan pengumpul itu hanya ada satu di ibu kota kabupaten, sementara pelabuhan pengumpan bisa lebih dari satu atau ada di setiap kecamatan. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara, berencana menjadikan Pelabuhan Watunohu sebagai salah satu Pelabuhan Pengumpan Lokal (PL) di Kolaka Utara.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Disperhub) Kolaka Utara, Ir. Junus, M.Si, Pelabuhan Watunohu dibangun oleh pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada masa pemerintahan Rusda Mahmud, sehingga pelabuhan tersebut milik Kemenhub.

"Rencana awal, pelabuhan tersebut akan dijadikan pelabuhan pengumpul. Karena kondisi perairan dan wilayah tidak memungkinkan sehingga pengembangan tidak dilanjutkan dan pelabuhan tersebut diturunkan statusnya menjadi Pelabuhan Pengumpan Lokal," kata Junus, Selasa (8/9/2020).

Untuk pelabuhan pengumpul atau pelabuhan peti kemas, lanjutnya, pembangunannya dikembalikan ke pelabuhan lama, di Desa Katoi, Kecamatan Katoi, Kolaka Utara.

"Dalam Perhubungan itu dikenal dua jenis pelabuhan, ada pelabuhan pengumpan dan ada pelabuhan pengumpul. Pelabuhan pengumpul itu hanya ada satu di ibu kota kabupaten, sementara pelabuhan pengumpan bisa lebih dari satu atau ada di setiap kecamatan," terangnya.

Baca juga: Zona Merah, Pemda Bombana Hadirkan Artis di Festival Tangkeno

Selain pelabuhan pengumpan, Pemda Kolaka Utara juga berencana menjadikan Pelabuhan Watunohu sebagai pelabuhan perikanan.

"Bapak Bupati memerintahkan ke kami agar melakukan komunikasi dengan pihak berwenang untuk menjadikan pelabuhan tersebut sebagai pelabuhan perikanan, hanya saja hal tersebut mungkin agak susah terealisasi tapi kami akan coba komunikasi dengan Satker Perhubungan yang ada di Kolaka," ungkapnya.

Junus menegaskan, Pemda Kolaka Utara, tetap akan memfungsikan pelabuhan tersebut.

"Hanya saja, saat ini Pemda fokus di pembangunan bandara. Kalau 2021 pembagunannya sudah mulai berjalan, baru kami beralih ke pengembangan pelabuhan laut," pungkasnya.

Reporter: Muh. Risal

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga