Uang Hampir Rp 1 Triliun Berputar di Laga Argentina vs Indonesia, Messi Datang

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 19 Juni 2023
0 dilihat
Uang Hampir Rp 1 Triliun Berputar di Laga Argentina vs Indonesia, Messi Datang
Pertandingan sepak bola FIFA Matchday Indonesia vs Argentina diperkirakan akan memberikan dampak positif kepada perekonomian Indonesia. Terlebih lagi, pertandingan ini disambut animo masyarakat yang cukup tinggi. Foto: Repro Bolasport

" FIFA Matchday Indonesia vs Argentina berpotensi menciptakan tambahan perputaran uang (output ekonomi) bagi perekonomian Indonesia sekitar Rp 965 miliar "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pertandingan sepak bola FIFA Matchday Indonesia vs Argentina diperkirakan akan memberikan dampak positif kepada perekonomian Indonesia. Terlebih lagi, pertandingan ini disambut animo masyarakat yang cukup tinggi.

Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) melaporkan, FIFA Matchday Indonesia vs Argentina berpotensi menciptakan tambahan perputaran uang (output ekonomi) bagi perekonomian Indonesia sekitar Rp 965 miliar.

"FIFA Matchday membuka peluang Indonesia untuk memperbaiki citra, menjaga antusiasme masyarakat, sekaligus menciptakan manfaat ekonomi guna mendukung pengembangan industri sepak bola di dalam negeri," tulis Peneliti LPEM FEB UI, Yusuf Reza Kurniawan, dilansir dari Kompas.com.

Dari angka tersebut, diperkirakan tercipta nilai tambah ekonomi (Produk Domestik Bruto) sebesar Rp 495 miliar. Dari nilai tambah ekonomi tersebut pula akan tercipta pula tambahan pendapatan rumah tangga pekerja sebesar Rp 188 miliar.

Tidak hanya itu, pertandingan Indonesia vs Argentian ini juga berpotensi menyumbang penerimaan pajak tidak langsung bagi pemerintah sebesar Rp 28 miliar. Lalu, terdapat pula potensi penciptaan kesempatan kerja sekitar 5.719 orang.

Baca Juga: Ini Link Live Streaming Argentina vs Indonesia Hari Ini di FIFA Matchday 2023

Adapun sektor yang akan terdampak langsung dari pertandingan tersebut adalah penyediaan makanan dan minuman sebesar Rp 249,70 miliar. Selanjutnya, jasa kesenian, hiburan dan rekreasi sebesar Rp 236,58 miliar.

"Dari aspek ekonomi, potensi dampak positif dari FIFA Matchday dapat melampaui biaya yang dikeluarkan untuk mendatangkan Timnas Argentina," katanya.

Sementara itu dalam sesi press conference (prescon), ada kejutan yang datang. Kejutan itu hadirnya Messi di tengah-tengah ratusan awak media.

Namun Messi yang dimaksud itu adalah Alexis Messidoro, bukan Lionel Messi. Messi datang dengan menggunakan kaos Argentina berwarna putih. Ia duduk bersama dengan jurnalis Argentina di sisi kanan ruang sesi jumpa pers.

Baca Juga: Tanpa Messi dan Di Maria, Warga Indonesia Ngeri Lihat Persiapan Argentina

Saat disapa awak media, Messi tersenyum. Messi juga melambaikan tangannya ke awak media. Messi cukup terkenal di kalangan wartawan di Indonesia.

Sebab, ia merupakan pemain dari klub Liga 1, Persis Solo.

"Hallo," kata Messi dilansir dari Bolasport.com. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga