UHO Genjot Kemitraan Demi Mudahnya Mahasiswa Masuk Dunia Kerja

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Kamis, 30 September 2021
0 dilihat
UHO Genjot Kemitraan Demi Mudahnya Mahasiswa Masuk Dunia Kerja
Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Universitas Halu Oleo (UHO) kedepannya akan terus membangun kerja sama untuk mensukseskan program kampus merdeka, merdeka belajar. "

KENDARI, TELISIK.ID - Universitas Halu Oleo (UHO) kedepannya akan terus membangun kerja sama untuk mensukseskan program kampus merdeka, merdeka belajar.

Hal tersebut disampaikan Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, saat menghadiri kegiatan rundown seminar nasional pusat karir bertema peluang memasuki dunia kerja di era globalisasi UHO, Kamis (30/9/21).

Menurut Zamrun, UHO harus melakukan kerja sama dengan berbagai pihak, yang merupakan wadah bagi mahasiswa untuk bisa melaksanakan magang.

"Jadi kita usahakan bermitra dengan semua pihaklah, hampir semua universitas negeri kita sudah MoU, kemudian dengan beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN), kemudian ada beberapa perusahaan swasta. Ya, itu kita siapkan wadahnya bagi mahasiswa nanti," jelas Zamrun.

Lebih lanjut, Zamrun menambahkan, mahasiswa sekarang bisa dengan mudah melihat peluang ke depan itu seperti apa.

"Bisa lebih mudah melihat peluang, salah satunya misalnya seperti sekarang, kita berusaha menjalin kerja sama dengan seluruh stakeholder, baik perusahaan milik BUMN maupun perusahaan swasta, biar mahasiswa itu terbuka, tidak terkungkung di dalam kampus saja," ujarnya.

"Suatu saat mereka itu bisa magang di perusahaan, sekitar 3-4 bulan untuk melihat dunia kerja sebenarnya seperti apa," sambung Zamrun.

Baca juga: Orang Tua Wajib Tahu, Ini 6 Tips agar Anak Rajin Mengaji

Baca juga: Belajar dari COVID-19, Guru dan Orang Tua Harus Saling Dukung

Sementara itu, Menteri Pertanian RI/Founder Tiran Group, H. Andi Amran Sulaiman mengatakan, peluang kerja sangat banyak tapi eksekutornya yang kurang.

"Tidak ada yang tidak bisa, ciptakan peluang dan eksekusi. Persoalan besar dalam hidup adalah tidak percaya dengan kemampuan diri sendiri, kita harus yakin dan langsung action, seribu ucapan akan kalah dengan satu tindakan. Tinggal pilih, mau sukses atau gagal, kalau mau sukses rubah mindsetnya dari sekarang," katanya.

Andi Amran menambahkan, jika tidak memanfaatkan masa muda yang akan menjemput adalah kemiskinan.

"Teteskan air matamu sebanyak-banyaknya di masa muda, dan beberapa tahun ke depan kamu hanya tinggal menikmati kesuksesanmu. Lebih baik menyesal hari ini di saat muda, dari pada menyesal di saat tua karena anda sudah tidak bisa apa-apa," tutup Andi Amran.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (PK2M) UHO, Dr. Sarinah mengungkapkan, kegiatan tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa tahap akhir untuk persiapan memasuki dunia kerja, dan seharusnya kegiatan ini dibarengi dengan penandatanganan MoU.

"Sebenarnya hari ini UHO akan menandatangani MoU dengan PT Tiran, tapi karena ada halangan tertentu, kita geser pada 8 Oktober 2021, di kampus nanti kita akan adakan," tutup Sarinah.

Untuk diketahui, jumlah peserta secara offline 200 orang dan peserta online tercatat 200 lebih. (A)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga