adplus-dvertising

Unik, Masjid Nurul Misbah dengan Daya Tarik Ornamen Khas Kayu Jati

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Sabtu, 26 Desember 2020
2585 dilihat
Unik, Masjid Nurul Misbah dengan Daya Tarik Ornamen Khas Kayu Jati
Masjid Nurul Misbah Desa Konda Satu, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan. Foto: Hamka/Telisik

" Masjid ini punya daya tarik tersendiri, unik dan menarik. Awal melihat masjid ini saya kira asli didesain dari kayu jati, tapi setelah saya melihat dari dekat, ternyata hanya ornamen. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Masjid Nurul Misbah yang terdapat di Desa Konda Satu, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), menjadi salah satu masjid terunik di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Keunikannya terletak pada bangunan dinding masjid yang dicat serupa warna kayu. Sekilas, tampak seolah-olah terbuat dari kayu jati. Namun setelah didekati, dinding tersebut hanya sebatas ornamen, masjid itu ternyata berdinding tembok semen seperti bangunan lain pada umumnya.

 


 

Balutan cat dan sentuhan pada tekstur membuatnya terlihat seperti berdinding kayu, seluruh tiang penyangga bangunan masjid juga dibuat dengan model batang kayu jati.

Penggunaan warna dengan nuansa alam ornamen khas kayu jati membuat jemaah yang melaksanakan salat di tempat itu terkecoh dan tak percaya jika masjid berukuran 9x7 meter itu benar-benar berdinding tembok semen.

 

 

Setiap orang yang melewati jalan di wilayah itu pasti akan terpesona untuk melihat bangunan masjid tersebut. Karena bangunan Masjid Nurul Misbah terlihat mencolok dibanding bangunan lain di sekitarnya.

Baca juga: Kali Biru Kota Kendari, Spot Wisata Baru yang Sedang Hit

Selain dinding masjid yang dicat berwarna elegan dengan konsep alam yang terlihat seolah-olah seluruh bagiannya terbuat dari kayu jati, di masjid ini juga terdapat kolam ikan dan taman bunga yang diisi dengan lukisan indah yang memanjakan mata.

"Masjid ini punya daya tarik tersendiri, unik dan menarik. Awal melihat masjid ini saya kira asli didesain dari kayu jati, tapi setelah saya melihat dari dekat, ternyata hanya ornamen," ungkap Arpan, salah satu jemaah yang ditemui Telisik.id usai melaksanakan salat, Sabtu (26/12/2020).

"Saya berharap masjid ini akan terus dilestarikan dan dijaga agar tetap pada fungsinya. Ini salah satu masjid yang unik dan menarik di Sultra," tambahnya.

Pantauan Telisik.id, beberapa pengguna jalan yang singgah untuk menjalankan ibadah salat, tak jarang menyempatkan untuk mengabadikan momen dalam bentuk foto di depan masjid dengan latar belakang lukisan tembok ornamen khas kayu jati itu. (B)

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga