Usai Bertemu Wakil Wali Kota Solo, Jokowi Langsung Tes Swab, Ini Hasilnya

Rahmat Tunny, telisik indonesia
Sabtu, 25 Juli 2020
0 dilihat
Usai Bertemu Wakil Wali Kota Solo, Jokowi Langsung Tes Swab, Ini Hasilnya
Presiden, Joko Widodo Bersama Ibu Negara, Iriana Joko Widodo. Foto: IG @jokowi

" Alhamdulillah sehat-sehat saja. Pagi hari ini saya berolahraga, bersepeda, agar badan lebih sehat lagi sehingga imunitas tubuh menjadi lebih baik. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Setelah mengikuti tes usap alias swab, pada Jumat (24/7/2020) semalam, Presiden, Joko Widodo alias Jokowi bersama Ibu Negara, Iriana Joko Widodo dinyatakan negatif COVID-19.

“Tadi malam sudah keluar hasil tes swabnya. Alhamdulillah negatif. Ibu (Iriana) juga negatif," kata Presiden di sela-sela berolahraga di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (25/7/2020).

Tes usap ini juga dilakukan berdasarkan pada jadwal tes rutin kesehatan Presiden. Dikatakan, saat ini kondisi Jokowi dalam keadaan sehat dan prima.

“Alhamdulillah sehat-sehat saja. Pagi hari ini saya berolahraga, bersepeda, agar badan lebih sehat lagi sehingga imunitas tubuh menjadi lebih baik," ucapnya.

Orang nomor satu di bangsa ini juga mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19. Protokol kesehatan itu seperti berolahraga rutin, mengkonsumsi makanan bergizi, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, tidak berkerumun dan menjaga jarak.

Perilaku disiplin terhadap protokol kesehatan, kata dia, sangat berperan penting untuk mempercepat penanganan pandemi COVID-19 oleh pemerintah.

Baca juga: Sebanyak 1.577 Warga Masih Jalani Perawatan Inap RS Darurat Wisma Atlet

"Saya berulang-ulang mengajak masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh dengan berolahraga secara rutin, makan makanan yang bergizi, jangan lupa pakai masker, cuci tangan sehabis aktivitas, jangan masuk ke dalam kerumunan, dan jaga jarak. Itu yang paling penting harus kita jaga terus," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo dinyatakan positif terjangkit COVID-19. Hal itu diketahui setelah Purnomo memberikan pernyataan ke wartawan, Jumat (24/7).

Purnomo dinyatakan positif setelah dua kali tes. Pada Jumat (17/7/2020), Purnomo menjalani tes PCR dan hasilnya negatif. Lalu Sabtu (18/7/2020), ia kembali mengikuti tes PCR lagi atas arahan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surakarta dan dinyatakan positif.

Padahal pada Kamis (16/7/2020), Purnomo baru saja bertemu dengan Jokowi di Jakarta. Dalam pertemuan itu, Jokowi memberi tahu Purnomo bahwa PDIP akan mengusung Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo.

"Tadi saya di Istana diberi tahu oleh Pak Jokowi kalau yang dapat rekomendasi Gibran sama Teguh," kata Purnomo saat dihubungi melalui telepon, Kamis (16/7/2020) lalu.

Reporter: Rahmat Tunny

Editor: Kardin

Baca Juga