Vaksinasi COVID-19 Tahap II di Kendari Diutamakan untuk Lansia

Eni Eka Wisda, telisik indonesia
Kamis, 04 Maret 2021
0 dilihat
Vaksinasi COVID-19 Tahap II di Kendari Diutamakan untuk Lansia
Seorang lansia saat sedang divaksin COVID-19. Foto: Sumarlin/Telisik

" Tingkat kematian COVID-19 paling banyak berada pada usia lanjut, sehingga menjadi prioritas. "

KENDARI, TELISIK.ID - Vaksinasi COVID-19 Tahap II di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) di prioritaskan untuk masyarakat yang lanjut usia (lansia).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, vaksin tahap II ini telah terdata dengan baik, karena mempunyai resiko yang tinggi.

"Tingkat kematian COVID-19 paling banyak berada pada usia lanjut, sehingga menjadi prioritas," ungkapnya saat ditemui awak media, Kamis (4/3/202).

Hal tersebut juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari Rahminingrum. Menurutnya, vaksinasi pada tahap ini akan diprioritaskan untuk lansia.

Baca juga: Soal Parkir Liar di Depan Kantor Wali Kota Kendari, Pemkot Belum Punya Solusi

"Target lansia Kota Kendari sebanyak 29.129 orang, namun vaksin yang dikirim baru 6248 vaksin, sehingga itu yang diprioritaskan sekarang," tuturnya.

Walaupun belum terdaftar di aplikasi kata dia, masyarakat yang masuk kategori lansia bisa langsung datang ke pelayanan dan membawa KTP.

"Saya juga mengintruksikan kepada semua Puskesmas, Dinas Kesehatan, dan rumah sakit, jangan ditolak ketika ada masyarakat yang ingin melakukan vaksin, apa lagi lansia," jelasnya.

Salah satu lansia yang di vaksin Herisanto (57) mengaku tidak merasakan apa-apa ketika saat disuntik vaksin.

"Alhamdulillah tidak ada apa-apa dan tanggal 18 nanti disampaikan lagi, untuk datang pada tahap selanjutnya,“ ucapnya. (A)

Reporter: Eni Eka Wisda

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga