Vaksinasi Massal di Posko Satgas COVID-19 Timbulkan Kerumunan dan Abaikan Prokes

Siswanto Azis, telisik indonesia
Senin, 16 Agustus 2021
0 dilihat
Vaksinasi Massal di Posko Satgas COVID-19 Timbulkan Kerumunan dan Abaikan Prokes
Suasana vaksinasi massal di Posko Satgas COVID-19 Sultra. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Peserta antre berkerumun tanpa jaga jarak meskipun mereka menggunakan masker "

KENDARI, TELISIK.ID - Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang digelar di Posko Satgas penanganan COVID-19 Sulawesi Tenggara menimbulkan kerumunan dan abaikan protokol kesehatan, Senin (16/8/2021).

Dari pantauan Telisik.id, antusias masyarakat untuk divaksin sudah terlihat sejak pagi hari. Hingga tampak terjadi kerumunan antrean peserta vaksinasi COVID-19 di pintu masuk.

Di luar area vaksinasi, panitia kewalahan mengatur serbuan warga Kota Kendari yang minta divaksin. Akibatnya, peserta antre berkerumun tanpa jaga jarak meskipun mereka menggunakan masker.

Amir  salah seorang peserta vaksin mengungkapkan, ada kekhawatiran dengan kerumunan tersebut. Namun dirinya yang ikut antrean vaksinasi dengan mendaftar melalui online tersebut mengaku telah menjalankan protokol kesehatan.

“Sebenarnya takut sih, tapi sudah jaga-jaga dengan pakai masker dan hand sanitizer," katanya.

Kerumunan akhirnya dapat diurai setelah sejumlah petugas meminta peserta vaksinasi COVID-19 untuk menjaga jarak dalam antrean. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di posko satgas COVID-19 Sultra akan dilaksanakan sampai besok.

Di tempat yang sama, salah seorang warga bernama Lina mengaku, datang sejak pukul 07.00 Wita namun hingga pukul 10.55 ia tak kunjung masuk untuk divaksin.

“Ini saya mau divaksin tahap pertama, dari jam  tujuh pagi, sampai sekarang masih mengantri," katanya, saat ditemui Telisik.id

Baca Juga: Kawasan Kumuh di Kota Kendari Terus Berkurang, Begini Upaya Pemkot

Baca Juga: Belajar Tatap Muka di Kendari Tunggu PPKM Level Dua

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara, Husnia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi dalam rangka menyambut HUT ke-76 RI akan dilaksanakan selama dua hari, yakni dari tanggal 16 s/d 17 Agustus 2021.

“Jadi pelaksanaannya itu dua hari, per harinya akan divaksin 1.500 orang, totolnya 3.000 orang,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, program Vaksinasi Merdeka merupakan program dari pemerintah pusat yang didukung seluruh elemen dengan menargetkan sebanyak-banyaknya masyarakat untuk divaksin.

“Hari ini kita menggelar vaksinasi massal bertajuk Vaksinasi Merdeka yang diikuti seluruh masyarakat umum dan ini gratis,” katanya. (A)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga