Wakatobi dan Butur Tuntas, Busel Buteng Menyusul

Deni Djohan, telisik indonesia
Kamis, 10 Desember 2020
0 dilihat
Wakatobi dan Butur Tuntas, Busel Buteng Menyusul
Samsu Umar Abdul Samiun di tengah-tengah pendukung Paslon RIDA di Butur. Foto: Deni Djohan/Telisik

" Kemenangan di dua daerah ini merupakan pembuktian beliau (Umar Samiun) dalam berpolitik. Ini akan mempermulus jalan beliau menuju Sultra satu. "

BAUBAU, TELISIK.ID - Dukungan politik Umar Samiun terhadap dua daerah yang menggelar Pilkada serentak 9 Desember kemarin yakni Buton Utara (Butur) dan Wakatobi berbuah manis.

Kedua daerah tersebut dimenangkan berdasarkan hasil hitung cepat. Berdasarkan quick count The Haluoleo Institute (THI), dari total suara masuk 98,55 persen, HATI unggul 51,5 persen dan HALO 48,5 persen. Sedang pasangan Ridwan Zakariah-Ahali (RIDA) mengungguli pasangan Abu Hasan-Suhuzu (AHS).

Hasil ini diperoleh berdasarkan quick count internal tim RIDA, dengan total suara masuk 88,89 persen. Atas hasil itu, pasangan RIDA diketahui unggul 38,40 persen. Kemudian disusul pasangan AHS yang memperoleh 32,40 persen suara dan Aswad Adam-Fahrul Muhammad (ASRUL) 29,10 persen.

Kemenangan ini sekaligus dinilai bakal memuluskan langkah Umar Samiun menuju kursi satu Sultra yang rencananya bakal digelar 2024 mendatang.

"Kemenangan di dua daerah ini merupakan pembuktian beliau (Umar Samiun) dalam berpolitik. Ini akan mempermulus jalan beliau menuju Sultra satu," ucap salah satu tokoh masyarakat yang juga pemerhati Budaya Buton, La Ode Aslan Azis, Kamis (10/12/2020).

Baca juga: Puluhan Calon Jemaah Haji Bombana Divaksin Meningitis

Menurutnya Aba, sapaan akrab La Ode Aslan Azis, perjuangan dalam memenangkan dua daerah tersebut tidaklah mudah. Sebab penantang kedua pasangan calon tersebut adalah petahana.

"Saya kira tidak cukup sampai disini saja. Sebab masih ada beberapa daerah yang akan diekspansi beliau yakni Buton induk, Buton Tengah dan Buton Selatan yang rencananya bakal digelar 2022 mendatang," tambahnya.

Pantauan Telisik.id, keseriusan Umar Samiun yang ingin memenangkan beberapa daerah lainnya untuk menuju Sultra satu terlihat dalam cuitannya di Facebook melalui akun resminya dengan nama, Paman Soma.

Dalam statusnya di FB, Paman Soma menuliskan, GERBANG UTARA SUDAH JEBOL, GERBANG TIMURPUN KINI JEBOL. TENGAH DAN SELATAN TUNGGULAH. WAKTUMUPUN AKAN TIBA". (B)

Reporter: Deni Djohan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga