Warga Desa Madampi Muna Barat Harap Darwin-Ali Prioritaskan Pengembangan Wisata

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 15 Oktober 2024
0 dilihat
Warga Desa Madampi Muna Barat Harap Darwin-Ali Prioritaskan Pengembangan Wisata
Antusias masyarakat Desa Madampi menyambut Paslon Darwin-Ali. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Desa Madampi di Kecamatan Lawa menyimpan potensi besar di sektor pariwisata. Sejumlah masyarakat berharap Paslon Darwin-Ali bisa membuka akses jalan dan membangun infrastruktur di sekitar destinasi wisata desa tersebut "

MUNA BARAT, TELISIK.ID – Desa Madampi di Kecamatan Lawa menyimpan potensi besar di sektor pariwisata. Sejumlah masyarakat berharap Paslon Darwin-Ali bisa membuka akses jalan dan membangun infrastruktur di sekitar destinasi wisata desa tersebut.

Desa Madampi memiliki benteng bersejarah, Benteng Asiapamu, yang merupakan saksi peradaban pada masa penjajahan Belanda. Namun, saat ini akses menuju benteng tersebut sangat terbatas, sehingga masyarakat meminta Paslon Darwin-Ali untuk membuka jalan menuju situs tersebut.

Selain akses ke benteng, masyarakat juga berharap ada pembangunan jalan menuju Masjid Muna, sebuah destinasi wisata religi, agar perjalanan ke sana tidak memerlukan rute yang memutar terlalu jauh.

Tak hanya itu, warga juga mengusulkan pembangunan kolam renang di sekitar mata air Otounda, yang diyakini akan menarik lebih banyak wisatawan, serta perbaikan Danau Kasiono Oe, yang memiliki potensi menjadi destinasi wisata unggulan di Kecamatan Lawa.

Baca Juga: Paslon Darwin-Ali Dapat Dukungan Tokoh Masyarakat Muna Barat

Selain sektor pariwisata, warga Desa Madampi yang mayoritas berprofesi sebagai petani atau pekebun, meminta dukungan berupa alat pertanian seperti traktor (jonder) untuk membantu mengoptimalkan hasil pertanian mereka.

Salah satu tokoh masyarakat, La Bahu, menyampaikan harapan besar agar semua aspirasi tersebut dapat direalisasikan jika Darwin-Ali terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Muna Barat untuk periode 2024-2029.

"Kita harus bersama-sama mendukung dan memenangkan Paslon Darwin-Ali demi pembangunan Muna Barat ke depan," katanya.

Tokoh pemuda setempat, LM Jul Samanda, menambahkan bahwa selain pariwisata, ia juga berharap agar pelaku UMKM mendapatkan perhatian khusus, salah satunya dengan pembentukan kelompok usaha perbengkelan dan pemecah batu kapur.

Menurutnya, potensi batu kapur di desa tersebut besar, dan ia berharap pemerintah bisa melihat ini sebagai peluang untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Menanggapi aspirasi tersebut, La Ode Darwin menyambutnya dengan baik, namun menegaskan bahwa semua permintaan akan diprioritaskan melalui Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan).

Baca Juga: Calon Gubernur Sultra Ruksamin Janji Siapkan Layanan Ambulans Helikopter

Pembangunan yang menjadi prioritas akan segera direalisasikan, sedangkan yang lain akan menyusul.

"Kami akan melihat bagaimana batu kapur ini bisa bernilai seperti di daerah lain sehingga masyarakat bisa mendapatkan manfaat besar," ujarnya, Selasa (15/10/2024).

Mengenai bantuan untuk sektor pertanian, Darwin menyatakan bahwa ini adalah salah satu program prioritasnya, termasuk pemberian pupuk gratis dan alat pertanian.

Namun, ia menekankan pentingnya membentuk kemandirian petani dalam jangka waktu 2-3 tahun setelah mendapat bantuan dari pemerintah.

"Kami ingin masyarakat mandiri dan menjadi petani yang berkualitas seperti di daerah lain," tutupnya. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga