Warga Keluhkan Pelayanan Disdukcapil, Plt Kadis: Mohon Doanya Saja

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Jumat, 09 Juni 2023
0 dilihat
Warga Keluhkan Pelayanan Disdukcapil, Plt Kadis: Mohon Doanya Saja
Plt Kadis Dukcapil Wakatobi, Salihi, meminta dukungan dan doa sehingga pembentukan UPTD Disdukcapil di tiga pulau terealisasi tahun ini. Foto: Wiwik Prihastiwi/Telisik

" Pengurusan administrasi kependudukan harus di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Wakatobi yang berada di Pulau Wangi-Wangi. Warga di Pulau Binongko keluhkan biaya transportasi "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Pengurusan administrasi kependudukan harus di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Wakatobi yang berada di Pulau Wangi-Wangi. Warga di Pulau Binongko keluhkan biaya transportasi.

Baru-baru ini, nama akun Facebook, Raja Dewa Pisang memposting, di grup Facebook Wakatobi Online. Dalam postingan tersebut, ia mengeluhkan pelayanan yang belum maksimal dari Disdukcapil Wakatobi.

Raja Dewa Pisang menyebut, pengurusan dokumen kependudukan tidak bisa dilakukan secara online, dan harus ke Disdukcapil yang ada di Pulau Wangi-Wangi.

"Hanya mengubah pekerjaan, pendidikan dan tanggal lahir harus ke kantor Disdukcapil. Di mana itu membutuhkan biaya tidak sedikit untuk kami yang ada di Pulau Tomia dan Binongko," tulisnya.

Baca Juga: Manfaatkan Pangan Lokal Melalui Festival B2SA Wakatobi

Sementara salah satu warga di Pulau Binongko, Wa Mani mengungkapkan, pengurusan yang mengharuskan ke Pulau Wangi-Wangi, jadi ia harus mengeluarkan banyak biaya.

"Biaya transportasi, biaya makan belum lagi tempat tinggal. Untung ada keluarga, kalau tidak ada harus mengeluarkan biaya penginapan lagi," ujarnya melaui sambungan telepon, Jumat (9/6/2023).

Menanggapi hal tersebut, Plt Kadis Dukcapil Wakatobi, Salihi menjelaskan, ia telah melihat postingan yang ada di Facebook mengenai keluhan yang ditujukan kepada Disdukcapil.

Salihi mengungkapkan, saat ini mereka sedang berusaha atau proses membentuk UPTD Disdukcapil di tiga pulau Wakatobi.

"Saya lihat postingan itu. Secara bersamaan dengan adanya keluhan itu, saat ini kami sedang berusaha untuk membentuk UPTD di Kaledupa, Tomia dan Binongko," ujarnya.

Salihi menyebut, sisa satu langkah lagi pembentukan UPTD di tiga pulau selesai. Diusahakan tahun ini dan paling lambat awal tahun 2024 sudah terealisasi.

Baca Juga: Catat, Ini Jadwal Pencairan Gaji ke-13 Kabupaten Wakatobi

"Kita nanti ke provinsi untuk meminta persetujuan dari Ortala. Jika disetujui akan segera direalisasikan. Bupati juga sangat setuju dan menyuruh untuk dipercepat," lanjutnya.

Adanya UPTD Disdukcapil di Kaledupa, Tomia dan Binongko bisa mempermudah layanan pengurusan administrasi dokumen kependudukan. Jadi tidak harus ke Disdukcapil yang ada di Pulau Wangi-Wangi.

"Mohon doanya saja, semoga yang kami usahakan ini dilancarkan dan bisa terealisasi tahun ini," tutup Salihi. (A)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Kardin 

 

 * BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga