Warga Kendari Sulap Tempat Pembuangan Sampah jadi Pos PKK dan Perkebunan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 24 Desember 2022
0 dilihat
Warga Kendari Sulap Tempat Pembuangan Sampah jadi Pos PKK dan Perkebunan
Warga Lorong Kakatua RT 24, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, mengubah tempat pembuangan sampah menjadi pos PKK dan perkebunan. Foto: Ibnu/Telisik

" Warga Lorong Kakatua RT 24, Kecamatan Kambu, Kota Kendari mengubah tempat pembuangan sampah menjadi pos PKK dan perkebunan "

KENDARI, TELISIK.ID - Warga Lorong Kakatua RT 24, Kecamatan Kambu, Kota Kendari mengubah tempat pembuangan sampah menjadi pos PKK dan perkebunan.

Kreativitas dan persatuan masyarakat yang menginginkan lingkungan dan terbangunnya ekosistem yang baik pos PKK dan perkebunan akhirnya bisa terbentuk.

"Ibu-ibu disini juga menanam sayur. Luas perkebunan ini 45 kali 12 meter," ujar Ketua Pelaksana, Dr. La Ode Taalami, M.Hum.

Taalami juga menambahkan, dengan disulapnya tempat pembuangan sampah menjadi pos PKK dan perkebunan, bisa mengangkat kesadaran masyarakat mengenai sampah yang harus dibersihkan agar tidak mengotori lingkungan.

"Imbasnya bukan hanya masyarakat disini tetapi ke semua orang yang dulunya membuang sampah disini menjadi tidak lagi karena lingkungan yang bersih," tambahnya.

Baca Juga: Angin Kencang, Nelayan di Kendari Kancing Perut

Di tempat yang sama, anggota DPR RI, Ir. Hugua menuturkan, kreativitas masyarakat itu akan ia bawa ke Mendagri.

"Hal ini akan menjadi role model untuk ibu kota provinsi, karena pos ini di samping menjadi tempat pendekatan kebudayaan, tentunya akan menekan kamtibmas, kebersihan lingkungan, gizi dan pengembangan ekonomi masyarakat," tuturnya.

Salah satu warga Lorong Kakatua yang juga Ketua DPRD Wakatobi, Hamiruddin mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kinerja dari warga RT 24 Kecamatan Kambu.

"Semoga bisa dijadikan percontohan untuk semua wilayah Sulawesi Tenggara," ungkapnya.

Baca Juga: Pentingnya Peran Pemilih Pemula dalam Pemilu 2024

Sementara itu Camat Kambu, Sentosa, S.Pi. M.Si menegaskan, akan meneruskan kreativitas warga ke Pemerintah Kota Kendari.

"Ini salah satu contoh untuk RT lainnya yang dulunya dianggap sumber masalah, tempat pembuangan sampah bisa diubah menjadi lingkungan yang lebih asri," katanya.

"Kita terus akan memberikan support ke warga yang memulai langkah-langkah ini dan akan kami teruskan ke pemerintah kota," tutupnya. (A)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga