Warga Talaga Buton Tengah Harap Ada Talud Pemecah Ombak

Mutarfin, telisik indonesia
Selasa, 14 Februari 2023
0 dilihat
Warga Talaga Buton Tengah Harap Ada Talud Pemecah Ombak
Kondisi talud pantai Kecamatan Talaga Kabupaten Buton Tengah yang sudah mulai ambruk akibat hempasan ombak.Foto: Dinas BPBD Buton Tengah

" Masyarakat Kecamatan Talaga Kabupaten Buton Tengah berharap perhatian pemerintah daerah untuk pembangunan talud pemecah ombak "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Masyarakat Kecamatan Talaga Kabupaten Buton Tengah berharap perhatian pemerintah daerah untuk pembangunan talud pemecah ombak.

Camat Talaga, Zal menyatakan, ketika musim barat tiba wilayahnya merupakan langganan hempasan ombak yang sangat berakibat buruk pada lingkungan yang notabene dikelilingi laut.

"Saya sebagai camat sekaligus putra Talaga yang sejak lahir merasakan kondisi laut, berikut dampak yang ditimbulkan sangat mengharapkan pembangunan talut yang benar-benar sesuai standar nasional," ungkapnya, Selasa (14/2/2022).

Baca Juga: Bersih-bersih Tugu dan Jalan Jelang HUT Kolaka

Ia berharap, daerah yang dikelilingi laut itu agar tidak berulang-ulang membangun talud, harus diupayakan agar tahan lama dan berkualitas.

"Semoga dengan program ini dapat menyelesaikan persoalan warga Talaga raya, terutama masyarakat yang tinggal di pesisir pantai dan bisa dijadikan pilot project untuk wilayah Buton Tengah," harap Zal.

Menangapi hal itu Sekretaris BPBD Buton Tengah, Moh Asman Bahara, mengatakan, pihaknya mengupayakan untuk membantu rehabilitasi talud yang rusak akibat hempasan ombak di musim barat dan timur.

Baca Juga: BPBD Kolaka Utara Belum Terima Laporan Abrasi Pantai yang Rusak Rumah Warga

"Terkait hal itu, kami telah mengusulkan  melalui dana rehabilitasi dan rekontruksi, sekarang lagi tahapan penyerahan dokumen," jelasnya.

Ia berharap adanya talud, bisa membantu penanganan talud yang ambruk akibat hempasan ombak saat cuaca ekstrem.

"Ini berdasarkan hasil musrembang penangulanan talud akibat bencana ombak direncanakan akan dibangun di wilayah Kelurahan Talaga 1, Desa Pangili, Desa Liwulo Mpuna dengan jarak 500 meter," paparnya. (B)

Penulis: Mutarfin

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga