Waspadai Modus Pencurian Data Lewat File Undangan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 28 Januari 2023
0 dilihat
Waspadai Modus Pencurian Data Lewat File Undangan
OJK menyebut, kejahatan ini serupa dengan sebelumnya, yang juga menggunakan pesan WhatsApp dan mengaku sebagai kurir paket/ekspedisi. Mereka meminta korban untuk cek resi dengan menyuruh mengklik file. Foto: Repro Portonews.com

" Upaya pencurian data dengan modus mengirimkan file APK lewat WhatsApp sebelumnya sudah pernah beredar "

JAKARTA, TELISIK.ID - Upaya pencurian data dengan modus mengirimkan file "APK" lewat WhatsApp kembali terjadi. Belum lama ini beredar informasi berantai undangan pernikahan yang disebar melalui pesan pribadi.

Dikutip dari Kompas.com, biasanya para pelaku saat dikonfirmasi mengenai identitas undangan, pelaku bersikeras meminta calon korban membuka file tersebut. Modus baru pencurian data ini dibagikan oleh akun Twitter @txtdarionlshop, pada Jumat (27/1/2023).

Upaya pencurian data dengan modus mengirimkan file APK lewat WhatsApp sebelumnya sudah pernah beredar. Misalnya, pencurian data dengan modus berpura-pura sebagai petugas kurir ekspedisi yang meminta penerima pesan untuk mengecek resi barang yang akan diterima.

Ada pula modus mengatasnamakan petugas PLN yang meminta penerima pesan untuk mengecek tagihan listrik melalui file yang dikirim, seperti dilansir dari Wartabanjar.com

Baca Juga: Hati-Hati Modus Penipuan Terbaru Atasnamakan Telkomsel

Baca Juga: Mengenal Modus Penipuan Online Berkedok Cinta

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun angkat bicara mengenai prahara ini. OJK menyebut, kejahatan ini serupa dengan sebelumnya, yang juga menggunakan pesan WhatsApp dan mengaku sebagai kurir paket/ekspedisi. Mereka meminta korban untuk cek resi dengan menyuruh mengklik file.

"Modus penipuan ini memanfaatkan ketidakwaspadaan korban karena merasa wajar untuk cek undangannya sehingga terkecoh untuk klik dan mengunduh file APK-nya," ujar Juru Bicara OJK, Sekar Putih Jarot, dilansir dari Kontan.co.id.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai modus penipuan seperti ini, agar tidak langsung mengklik dokumen berbentuk APK yang dikirimkan oleh kontak yang tidak dikenal atau tidak jelas sumbernya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga