Hati-Hati Modus Penipuan Terbaru Atasnamakan Telkomsel

Muhammad Adhiatma Hidayat , telisik indonesia
Sabtu, 14 Januari 2023
0 dilihat
Hati-Hati Modus Penipuan Terbaru Atasnamakan Telkomsel
Suasana pelayanan pelanggan di kantor GraPARI Telkomsel Kendari. Foto: Muhammad Adhiatma Hidayat/Telisik

" Adapun cara yang dilakukan oleh pelaku untuk menipu korbannya yaitu dengan mengaku bahwa mereka merupakan customer service dari Telkomsel "

KENDARI, TELISIK.ID - Modus penipuan terbaru dengan mengatasnamakan pihak tertentu kembali marak terjadi. Kali ini para pelaku mengincar korbannya dengan mengatasnamakan pihak Telkomsel. Adapun cara yang dilakukan oleh pelaku untuk menipu korbannya yaitu dengan mengaku bahwa mereka merupakan customer service dari Telkomsel.

Modus pelaku untuk menggaet korbannya yaitu dengan memberitahukan kepada calon korban bahwa nomor mereka telah disalahgunakan dan juga terdapat tunggakan tagihan yang harus dilunasi oleh calon korban agar nomor mereka tidak diblokir.

Selanjutnya, pelaku mengatakan kepada calon korban bahwa untuk membuka nomor yang diblokir tersebut perlu dilakukan transfer ke nomor rekening pribadi yang sudah ditentukan dan juga untuk membayar tagihan yang menunggak.

Pelaku juga akan mengiming-imingi calon korban akan membantu proses penyelesaian kasus agar tidak diteruskan ke pihak berwajib.

Naufal selaku bagian logistic support dari Telkomsel Kendari mengatakan bahwa proses penipuan yang dilakukan oleh pelaku diketahui menggunakan metode telepon phising.

Baca Juga: Perselisihan Industri di Kendari Tahun 2022 Capai 37 Kasus

"Itu kayaknya biasanya kalau begitu dikatakan telepon phising," ujar Naufal.

Phising atau dikenal dengan voice phising adalah fenomena dimana pelaku menghubungi korban dengan menggunakan panggilan telepon ataupun video call dan mengaku-ngaku sebagai orang penting, semisal staff karyawan dari perusahaan tertentu.

Selanjutnya, hal tersebut kembali ditegaskan oleh Kadri selaku Corporate Communications Telkomsel untuk wilayah Sulawesi saat dihubungi oleh Telisik.id melalui telepon, Jumat (13/1/2023). Ia menghimbau kepada masyarakat Kota Kendari agar tidak mudah percaya atas telepon maupun sms dan informasi pengundian berhadiah yang mengatasnamakan Telkomsel.

Baca Juga: Lippo Plaza Masih Wajibkan Pengunjung Pakai Masker

"Dalam penyelenggaraan program berhadiah, distribusi hadiah kepada pemenang dilakukan secara gratis, dan kami tidak pernah memungut biaya apapun atau meminta melakukan transaksi lainnya," katanya pada Telisik.id.

Ia juga kembali menambahkan agar masyarakat Kota Kendari tetap waspada dan jika terdapat indikasi tersebut, diharapkan agar melakukan konfirmasi di kantor GraPARI terdekat.

"Selain mengunjungi kantor GraPARI terdekat, bisa juga menghubungi layanan Call Center di nomor 188," sambungnya. (B)

Penulis: Muhammad Adhiatma Hidayat

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga