adplus-dvertising

Wisudawan Terbaik UHO Berbagi Tips Raih Gelar Master dengan IPK 4,0

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 31 Juli 2022
19956 dilihat
Wisudawan Terbaik UHO Berbagi Tips Raih Gelar Master dengan IPK 4,0
Entin Haryanti, wisudawan terbaik periode April-Juli 2022 dari Program Studi Kajian Budaya Pascasarjana UHO Foto: Ist.

" Meraih predikat wisudawan terbaik tentu tidaklah mudah. Ada perjuangan dan langkah-langkah yang harus ditempuh "

KENDARI, TELISIK. ID - Menjadi wisudawan terbaik di perguruan tinggi adalah impian tiap orang. Namun meraih predikat wisudawan terbaik tentu tidaklah mudah. Ada perjuangan dan langkah-langkah yang harus ditempuh.

Entin Haryanti adalah wisudawan terbaik dengan IPK (4,0) dari Program Studi (Prodi) Kajian Budaya Pascasarjana Universitas Halu Oleo (UHO). Wanita kelahiran Watusa, 23 Oktober 1998 ini lulus dengan masa studi 1 tahun 8 bulan.

Entin mengungkapkan, ada beberapa hal yang ia manfaatkan dengan baik hingga bisa efektif menyelesaikan studinya di waktu yang terbilang singkat.


"Ada beberapa tips yang saya lakukan untuk meraih gelar master dengan waktu yang cukup singkat," tuturnya, Minggu (31/7/2022).

Ia mengaku jika tips-tips yang ia lakukan selama menjadi mahasiswa ada 5 hal, antara lain:

Baca Juga: 8 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Pertama, selalu mengerjakan tugas perkuliahan yang diberikan dengan baik dan tepat waktu. Segala tugas yang diberikan dari bapak dan ibu dosen di kerjakan sesegera mungkin.

Kedua, manfaatkan waktu dengan baik. Ia mengaku jika sempat bekerja/honor di wilayah kampus. Sembari bekerja, ia tetap mengikuti semua perkuliahan tanpa ada yang terlewat sedikitpun.

Ia juga mengucapkan terima kasih pada pimpinan tempatnya bekerja karena memberikan sedikit kelonggaran waktu padanya. Ia mengatakan, jangan sampai manajemen waktunya tidak diperhatikan, mengingat bekerja sambil kuliah tidak mudah.

Ketiga, selalu aktif selama proses belajar mengajar. Menurutnya ini penting, termasuk bertanya pada hal-hal yang kurang dimengerti ataupun terkait hal lainnya yang bisa dikaitkan dengan mata kuliah yang diajarkan oleh dosen.

Keempat, semangat dan terus belajar terkait apapun itu. Ia mengatakan, ia lahir bukan dari keluarga yang utuh. Tapi ia selalu menumbuhkan semangat terutama untuk selalu belajar dan menjadi yang terbaik.

Kelima, ini adalah tips yang tidak kalah penting, selalu baik, sopan, dan good attitude pada siapapun. Karena inilah nilai seseorang yang dilihat, bukan hanya nilai di atas kertas melainkan nilai pada diri sendiri.

Sekedar informasi, Entin lulus dengan predikat wisudawan terbaik UHO pada periode April-Juli 2022. Ia merupakan anak tunggal dari pasangan Bapak Solihin dan Ibu Cucun.

Baca Juga: 5 Tips Agar Tak Galau Hadapi Masa Depan

Solihin mengaku sangat bangga pada apa yang dicapai oleh Entin. Walaupun ia sendiri seorang petani tapi bisa memiliki anak yang memiliki prestasi.

"Saya tidak pernah menyuruhnya belajar ataupun mendidik dia harus belajar seperti apa. Tapi itu dari keinginan dia. Selaku orangtua saya cuma berpesan harus selalu jaga diri baik-baik dan tetap jaga sopan santun terhadap siapapun," tuturnya.

Ia berharap anaknya tidak sombong, dan segera mendapatkan pekerjaan yang jauh lebih baik dari dirinya. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga