Yuk, Simak 9 Manfaat Tinggal di Pedesaan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 27 April 2022
0 dilihat
Yuk, Simak 9 Manfaat Tinggal di Pedesaan
Suasana pedesaan. Foto: Repro kompasiana.com

" Tidak jarang warga kota mengungsi ke pedesaan untuk menenangkan diri. Bahkan sebagian orang membuat rumah di pedesaan sebagai tempat khusus istirahat "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi masyarakat perkotaan yang penuh keramaian, suasana desa menjadi salah satu pilihan untuk menenangkan diri.

Pasalnya, di perkotaan seperti tidak ada jeda. Rasanya suasana malam saja seperti siang karena sangat ramai, sehingga kehidupan perkotaan kadang membuat kita muak.

Maka tidak jarang warga kota mengungsi ke pedesaan untuk menenangkan diri. Bahkan sebagian orang membuat rumah di pedesaan sebagai tempat khusus istirahat.

Melansir yoursay.id, berikut 9 manfaat yang bisa dipetik jika kamu tinggal di pedesaan:

1. Udara yang segar

Di daerah pedesaan, masih banyak lahan yang belum diolah serta banyaknya tanaman-tanaman hijau yang dapat membuat udara segar. Ditambah lagi, masih banyak hutan yang penuh pohon-pohon rindang di pedesaan. Oleh karena itu, udaranya bebas polusi dan selalu segar, apalagi saat pagi hari.

2. Air yang jernih

Bagi sebagian masyarakat kota, air bersih cukup sulit didapat. Namun, ini tidak berlaku untuk orang-orang pedesaan.

Mengakses air jernih sangat mudah bagi masyarakat pedesaan. Banyak sumber mata air yang dapat digunakan di desa. Apalagi jika desa tersebut berada di pegunungan. Airnya bukan hanya jernih tetapi lebih sejuk.

Malahan, orang-orang pedesaan akan selalu beranggapan bahwa air kota terasa hangat, dan merasa kalau itu bukan air karena sehari-hari masyarakat pedesaan menyentuh air yang dingin.

3. Tidak banyak polusi udara

Setiap hari di kota-kota besar pasti akan macet. Tapi, ketika kamu berada di pedesaan, jalanan akan lengang. Meski sering kendaraan bermotor atau mobil berlalu lalang, tetapi tak seintens di kota. 

Baca Juga: Ini Paket Parcel Lebaran dengan Varian Isi Menarik

Hal ini yang menyebabkan polusi udara di desa tak separah perkotaan. Pastinya, faktor ini akan membuatmu betah tinggal di desa.

4. Jauh dari kehidupan hedonisme

Jika di perkotaan, menjadikan hidup hedonisme adalah sebuah keharusan, di pedesaan hal ini tak berlaku. Tren yang ada di kota lebih lambat untuk masuk ke pedesaan. Dengan demikian, orang pedesaan tak tergiur untuk melakukan hidup hedonisme.

5. Mendapatkan bahan makanan terbaik

Ketika ingin berbagai makanan, masyarakat pedesaan tidak akan sulit mencari. Mereka dengan mudah mendapatkannya dari lingkungan, bahkan tak jarang tetanggamu memberikan apa yang kamu butuhkan. 

Hampir setiap orang pedesaan memiliki hewan peliharaan, yang paling umum adalah ayam, dan tak lupa orang pedesaan juga menanam berbagai jenis sayuran sampai apotek hidup di pekarangan rumah. 

6. Penduduk yang ramah

Ketika orang kota baru menatap di pedesaan, dia akan kaget karena masyarakat pedesaan begitu ramah. Mereka tidak akan membuatmu kesepian. Orang-orang desa tak segan untuk melibatkanmu dalam berbagai acara. 

Di sisi lain, orang-orang desa mudah peduli dengan orang lain. Mereka gemar menolong tanpa melihat harta ataupun takhta. 

7. Penduduk desa senang melakukan aktivitas fisik

Banyak di antara penduduk desa yang seorang petani dan peternak. Jika seorang petani, dia akan melakukan semua hal yang bisa dilakukannya sendiri, misalnya mencangkul lahan.

Sama halnya ketika seorang peternak, misalnya peternak sapi, nah orang desa akan mencari rumputnya sendiri ,alih-alih meminta pada orang lain. 

Berada di desa dapat membuatmu lebih mandiri. Karena kebanyakan apa yang dihasilkan itu adalah hasil jerih payah diri sendiri. 

8. Bisa melihat langit malam bertabur bintang

Semakin banyak polusi di perkotaan, semakin tak terlihat bintang-bintang di langit malam. Padahal di pedesaan, langit malam akan begitu cantik dengan taburan bintang, apalagi dengan bulan yang semakin mempercantik langit. 

9. Hidup lebih tenang

Bentangan alam yang ada di desa adalah salah satu faktor yang membuatmu tenang. Berjalan-jalan di desa saja memiliki banyak manfaat. Salah satunya membuatmu terhindar dari stres. Makanya, banyak orang kota yang menenangkan diri di pedesaan. 

Baca Juga: Suka Makan Gorengan Saat Berbuka Puasa? Ini Bahaya Jika Keseringan

Untuk diketahui, mengutip banjarsari-labuhanhaji.desa.id, definisi universal desa adalah sebuah aglomerasi permukiman di area perdesaan (rural).

Sementara di Indonesia, istilah desa yaitu pembagian wilayah administratif di bawah kecamatan yang dipimpin oleh seorang kepala desa. Sebuah desa merupakan kumpulan dari beberapa unit permukiman kecil yang disebut juga kampung/dusun/banjar/jorong. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga