Zohri Bidik Pecahkan Rekor Terbaik 10,03 Detik di 100 Meter Olimpiade Paris 2024

Mustaqim, telisik indonesia
Jumat, 26 Juli 2024
0 dilihat
Zohri Bidik Pecahkan Rekor Terbaik 10,03 Detik di 100 Meter Olimpiade Paris 2024
Sprinter andalan Indonesia, Lalu Muhammad Zohri. Foto: Komite Olimpiade Indonesia

" Sprinter atau pelari cepat andalan Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, bertekad memperbaiki rekor miliknya 10,03 detik saat tampil di Olimpiade Paris 2024 "

JAKARTA, TELISIK.ID – Sprinter atau pelari cepat andalan Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, bertekad memperbaiki rekor miliknya 10,03 detik saat tampil di Olimpiade Paris 2024.

Catatan waktu terbaik Zohri itu diperoleh saat berlaga di lintasan lari Osaka Grand Prix ketika dia memastikan lolos ke Olimpiade Tokyo pada edisi 2020.

Pelatih atletik Indonesia, Eni Nuraini, mengatakan Zohri akan turun di lintasan atletik Olimpiade Paris yang dijadwalkan berlangsung pada 1-11 Agustus 2024. Dia sedang dalam masa pemulihan kondisi fisik atau tapering dan mengurangi frekuensi latihan untuk menghindari cedera.

“Zohri sekarang dalam tahap pra kompetisi, dalam masa tapering menuju perlombaan,” kata Eni Nuraini, Kamis (25/7/2024).

Tim atletik Indonesia sudah berada di Paris, Prancis. Mereka baru akan berpindah ke kawasan athletes village (perkampungan atlet) pada tiga hari sebelum (H-3) perlombaan.

Baca Juga: Alasan PP Muhammadiyah Terima Jatah Tambang dari Jokowi

Zohri diperkirakan tidak tampil menggunakan teknik berlari baru yang sempat dipelajari saat menjalani pemusatan latihan di Amerika Serikat. Dia akan menggunakan teknik lama yang selama ini digunakan karena membuatnya merasa lebih nyaman dan leluasa.

Saat masih menjalani pemusatan latihan di Jakarta pekan lalu, kata Eni, latihan yang dijalani Zohri difokuskan pada menjaga stabilitas kecepatan ketika berada di puncak kecepatannya.

“Mohon dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia agar Zohri bisa memberikan penampilan terbaik dan mencatatkan prestasi yang membanggakan,” harap Eni.

Jumlah atlet Indonesia yang lolos dan akan berjuang di Olimpiade Paris tercatat 29 orang dari 12 cabang olahraga (cabor). Jumlah ini melampaui jumlah atlet edisi sebelumnya di Tokyo, Jepang, yang meloloskan 28 atlet.

Selain itu, total atlet ini juga menjadi yang terbanyak dalam 20 tahun terakhir setelah Olimpiade Athena 2004 dengan total 38 atlet.

Olimpiade Paris 2024 dilaksanakan di Paris, mulai 26 Juli hingga 11 Agustus. Pesta olahraga terbesar di dunia itu mempertandingkan 32 cabang olahraga atau 329 nomor event. Kompetisi olahraga multievent empat tahunan itu diikuti 206 negara dengan 10.714 atlet, termasuk dari Indonesia.

Dua belas cabor yang meloloskan 29 atlet Indonesia adalah menembak, selancar, bukutangkis, balap sepeda, panjat tebing, rowing, senam, panahan, angkat besi, atletik, renang, dan judo.

Pembukaan Olimpiade Paris dijadwalkan pada Jumat (26/7/2024) pukul 17:45 waktu setempat atau Sabtu (27/7/2024) pukul 00:45 dini hari WIB.

Kontingen Indonesia dalam defile pembukaan Olimpiade 2024 bakal dipimpin oleh tiga atlet utama, salah satunya akan membawa bendera Merah Putih.

Ketiganya adalah judoka Maryam March Maharani, yang akan membawa bendera Merah Putih, diiringi atlet senam, Rifda Irfanaluthfi, dan atlet balap sepeda, Bernard Benyamin van Aertang.

Penunjukan Maharani sebagai ‘flag bearer’ Indonesia tidak hanya menjadi simbol kebanggaan nasional, tetapi juga mencerminkan kebangkitan cabang olahraga judo Indonesia setelah absen cukup lama di Olimpiade sejak tahun 2012.

“Dipilihnya Rani bukan tanpa sebab. Rani ini perempuan tangguh yang kembali lagi hadir setelah Indonesia puasa cukup lama di Olimpiade cabang olahraga judo,” kata Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, di Paris, Prancis.

Maharani menyatakan syukur atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan. Dia pun berharap bisa terus membanggakan Indonesia dengan menyumbang medali.

“Saya sangat bersyukur mendapat kesempatan untuk menjadi flag bearer, semoga bisa terus membanggakan untuk Indonesia, semoga bisa memberikan hasil yang terbaik. Semoga bisa menjadi contoh yang baik dan menginspirasi,” tutur Maharani.

Paris mengambil lokasi sungai Seine sebagai tempat untuk kontingen-kontingen negara melakukan parade dengan menumpang perahu di sepanjang sungai dari Pont d'Austerlitz ke Pont d'Iena.

Sedangkan untuk protokol resminya akan diadakan di Place du Trocadero di stadion mini sementara. Ini akan menjadi kali kedua dalam sejarah pembukaan Olimpiade diselenggarakan di luar stadion.

Meski pembukaan baru dilakukan Jumat, beberapa cabor sudah memulai pertandingan. Antara lain sepakbola putra dan rugby sevens yang sudah dimainkan sejak Rabu (24/7/2024). Kemudian cabang panahan dan bola tangan dimulai Kamis (25/7/2024).

Hak siar Olimpiade Paris 2024 khusus di Indonesia dipegang oleh EMTEK Group yang menaungi beberapa stasiun televisi, di antaranya SCTV dan MOJI, juga layanan live streaming Vidio.

Daftar lengkap 29 atlet Indonesia yang tampil Olimpiade Paris 2024:

Baca Juga: NasDem Singgung Poros Baru, Survei Indikator Anies Kalahkan Ahok dan Ridwan Kamil

1. Arif Dwi Pangestu (Panahan)

2. Desak Made Rita Kusuma Dewi (Panjat Tebing)

3. Diananda Choirunisa (Panahan)

4. Rifda Irfanaluthfi (Senam Artistik)

5. Rahmad Adi Mulyono (Panjat Tebing)

6. Fathur Gustafian (Menembak)

7. Rio Waida (Selancar Ombak)

8. Eko Yuli Irawan (Angkat Besi)

9. Rizki Juniansyah (Angkat Besi)

10. Memo (Dayung)

11. Bernard Benyamin van Aert (Balap Sepeda)

12. Jonatan Christie (Bulu Tangkis)

13. Anthony Sinisuka Ginting (Bulu Tangkis)

14. Gregoria Mariska Tunjung (Bulu Tangkis)

15. Fajar Alfian (Bulu Tangkis)

16. Muhammad Rian Ardianto (Bulu Tangkis)

17. Apriyani Rahayu (Bulu Tangkis)

18. Siti Fadia Silva Ramadhanti (Bulu Tangkis)

19. Rinov Rivaldy (Bulu Tangkis)

20. Pitha Haningtyas Mentari (Bulu Tangkis)

21. Nurul Akmal (Angkat Besi)

22. Raji'ah Sallsabilah (Panjat Tebing)

23. Veddriq Leonardo (Panjat Tebing)

24. Maryam March Maharani (Judo)

25. Lalu Muhammad Zohri (Atletik)

26. Rezza Octavia (Panahan)

27. Syifa Nur Afifah Kamal (Panahan)

28. Joe Aditya W. Kurniawan (Renang)

29. Azzahra Permatahani (Renang). (A)

Reporter: Mustaqim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga