13 Makanan Ini Musuh Penderita Asam Lambung

Ahmad Jaelani

Reporter

Sabtu, 21 September 2024  /  1:38 pm

Pizza dapat meningkatkan asam lambung, karena beberapa bahan dan cara penyajiannya yang berpotensi memicu produksi asam lambung berlebih. Foto: Repro Istockphoto

KENDARI, TELISIK.ID - Asam lambung merupakan gangguan yang sering dialami banyak orang. Ketika kambuh, penderita merasakan nyeri pada ulu hati hingga dada terasa terbakar. Kondisi ini kerap dipicu oleh pola makan yang salah, stres, serta kebiasaan tertentu seperti merokok.

Salah satu cara untuk mencegah asam lambung kambuh adalah dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Beberapa makanan dan minuman diketahui dapat memperburuk kondisi asam lambung.

Penting bagi penderita asam lambung untuk mengetahui makanan pantangan. Makanan dan minuman yang dianggap tidak berbahaya bagi sebagian orang, justru bisa menjadi pemicu kambuhnya gejala asam lambung.

Telisikers, terdapat daftar makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari bagi penderita asam lambung, berikut daftarnya:

1. Makanan yang Digoreng

Mengutip CNBC Indonesia, Sabtu (21/9/2024), makanan yang digoreng cenderung sulit dicerna sehingga lambung harus bekerja ekstra keras untuk memecahnya. Proses ini memerlukan lebih banyak produksi asam lambung.

Selain itu, kandungan lemak tinggi pada makanan yang digoreng dapat memicu pelepasan garam empedu yang menyebabkan relaksasi katup lambung. Akibatnya, asam lambung mudah naik ke kerongkongan.

2. Jeruk

Meskipun kaya akan vitamin C, jeruk mengandung asam yang tinggi. Buah jeruk dapat merangsang produksi asam lambung berlebih. Oleh karena itu, penderita asam lambung sebaiknya menghindari konsumsi buah jeruk saat gejala asam lambung kambuh.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Menghindari Asam Lambung Naik Saat Puasa Ramadan

Beberapa buah yang sebaiknya dihindari antara lain lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali.

3. Cokelat

Cokelat memang memiliki banyak manfaat kesehatan, namun bagi penderita asam lambung, cokelat bisa memperburuk gejalanya. Cokelat memiliki kandungan zat yang dapat melemaskan otot katup kerongkongan, sehingga makanan dari lambung lebih mudah naik kembali.

4. Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi, seperti soda, dapat menyebabkan perut kembung. Kondisi ini memberikan tekanan lebih pada lambung, yang pada gilirannya memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Hindari minuman bersoda jika Anda memiliki masalah dengan asam lambung.

5. Kopi

Kafein pada kopi merangsang produksi asam lambung berlebih. Bagi pecinta kopi, membatasi konsumsi minuman ini adalah langkah yang bijak untuk mencegah naiknya asam lambung. Selain kopi, minuman lain yang juga mengandung kafein, seperti teh, juga sebaiknya dihindari.

6. Alkohol

Minuman beralkohol dapat menyebabkan refluks asam lambung karena memicu perut kembung. Selain itu, alkohol juga dapat melemahkan katup lambung sehingga asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan.

7. Makanan Pedas

Makanan pedas dikenal sebagai salah satu pemicu utama gejala asam lambung. Bagi penderita asam lambung, makanan pedas dapat memperparah rasa perih pada lambung dan kerongkongan.

8. Camilan Ultra-Olahan

Makanan ultra-olahan mengandung zat aditif, pengawet, dan lemak tinggi yang bisa memperburuk gejala asam lambung. Menghindari camilan yang diproses secara berlebihan merupakan langkah tepat bagi penderita asam lambung.

9. Tomat

Meskipun tomat kaya akan nutrisi, kandungan asamnya dapat memicu peningkatan produksi asam lambung. Hindari tomat, saus tomat, atau makanan berbahan dasar tomat untuk mencegah gejala asam lambung kambuh, bersumber dari alodoker.com.

Baca Juga: 5 Buah untuk Penderita Asam Lambung yang Baik Dikonsumsi

10. Teh Peppermint

Teh peppermint sering dianggap sebagai obat untuk gangguan pencernaan. Namun, bagi penderita asam lambung, teh peppermint justru dapat memperburuk kondisinya dengan merelaksasi katup lambung, sehingga asam lambung lebih mudah naik.

11. Jus Buah Asam

Sama halnya dengan buah-buahan asam, jus yang terbuat dari jeruk atau tomat juga bisa memicu produksi asam lambung berlebih. Hindari minum jus jeruk atau jus tomat jika Anda memiliki masalah dengan asam lambung.

12. Daging Berlemak

Daging yang berlemak tinggi memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna, yang menyebabkan lambung harus bekerja lebih keras dan menghasilkan lebih banyak asam. Daging seperti iga dan ayam dengan kulit sebaiknya dihindari.

13. Pizza

Meskipun pizza menjadi favorit banyak orang, makanan ini dapat menjadi pemicu asam lambung. Topping tomat, daging berlemak, dan keju pada pizza dapat menyebabkan gejala asam lambung kambuh. Pilihlah alternatif pizza yang lebih sehat dan ramah lambung. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS