5 Tips Jitu Menghindari Asam Lambung Naik Saat Puasa Ramadan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 11 Maret 2024
0 dilihat
5 Tips Jitu Menghindari Asam Lambung Naik Saat Puasa Ramadan
Asam lambung naik saat berpuasa harus dihindari demi kelancaran ibadah Ramadan. Foto: Repro Freepik.com/sewupari-studio

" Setiap umat Islam akan menginginkan dalam kondisi sehat di setiap sahat, khususnya dalam bulan Ramadan. Namun seringkali ada saja kondisi yang membuat kesehatan terganggu, salah satu penyakit yang biasanya menyerang saat puasa adalah asam lambung "

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap umat Islam akan menginginkan dalam kondisi sehat di setiap sahat, khususnya dalam bulan Ramadan. Namun seringkali ada saja kondisi yang membuat kesehatan terganggu, salah satu penyakit yang biasanya menyerang saat puasa adalah asam lambung.

DIkutip dari halodoc.com, penyakit asam lambung atau GERD adalah kondisi ketika asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan. Biasanya, orang yang mengalami kondisi ini bakal merasakan refluks asam yang ringan minimal dua kali seminggu, dan yang parah setidaknya sekali seminggu. 

Kondisi yang sering disebut sebagai penyakit refluks gastroesofagus ini bisa bikin rasa nyeri di ulu hati, heartburn, dan berbagai gejala lainnya di dada bagian bawah dan perut.

Baca Juga: Tips Memilih Kaldu Jamur yang Sehat, Kaldu Jamur Totole Recommended Cocok Bagi Vegetarian

Seringkali asam lambung naik ini saat kondisi yang tidak diinginkan, apalagi jika itu terjadi saat kita sedang berpuasa di bulan ramadan. Maka penting untuk mengetahui cara mengatasi penyakit ini.

Dilansir dari Suara.com - jaringan Telisik.id, berikut beberapa tips jitu yang bisa kita terapkan untuk menghindari asam lambung naik saat puasa:

1.Hindari langsung tidur setelah makan

Sebaiknya hindari tidur langsung setelah sahur. Kebiasaan ini dapat menyebabkan refluks asam lambung naik ke kerongkongan bersamaan dengan makanan yang baru saja dikonsumsi.

2.Menghindari berbuka dan sahur dengan makanan berlemak, pedas, atau asam

Sebaiknya hindari tidur langsung setelah sahur. Kebiasaan ini dapat menyebabkan refluks asam lambung naik ke kerongkongan bersamaan dengan makanan yang baru saja dikonsumsi.

3.Makan secukupnya dan perbanyak serat

Godaan untuk langsung melahap makan besar saat waktu berbuka memang nikmat, namun sebaiknnya dihindari. Selain itu, dianjurkan perbanyak asupan serat karena serat akan dicerna secara perlahan oleh tubuh sehingga memperlambat lambung kosong.

4.Hindari minuman berkafein dan bersoda

Selain makanan yang disebutkan di atas, minuman berkafein dan bersoda dapat memicu peningkatan produksi asam dan peradangan pada lambung.

Baca Juga: Tips Mencegah Rumah Kebanjiran di Musim Penghujan

5. Tidur dengan posisi tubuh bagian atas lebih tinggi

Tips menghindari asam lambung naik lainnya yang bisa Anda coba lakukan adalah meninggikan bagian atas tubuh saat tidur dengan menumpuk beberapa bantal. Usahakan bantal bisa menopang keseluruhan tubuh bagian atas agar tidak sakit leher.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menghindari asam lambung naik saat berpuasa ramadan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga