Simak 7 Jenis Minuman Penurun Berat Badan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 07 Mei 2024
0 dilihat
Simak 7 Jenis Minuman Penurun Berat Badan
Sejumlah jenis minuman dapat membantu menurunkan berat badan. Foto: Repro Shutterstock

" Menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengonsumsi jenis minuman tertentu secara rutin "

KENDARI, TELISIK.ID - Menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengonsumsi jenis minuman tertentu secara rutin.

Pada umumnya, dikutip dari alodokter.com, konsumsi makanan tinggi serat dan olahraga secara rutin kerap dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal

Padahal, untuk mendapatkan berat badan yang ideal ternyata tidak hanya dari makanan dan aktivitas fisik, tapi bisa juga dengan mengonsumsi minuman sehat penurun berat badan.

Ada beragam minuman sehat penurun berat badan, mulai dari jus sayuran dan buah, teh hijau, hingga air putih. Minuman ini rendah gula dan kalori serta mengandung beragam nutrisi dan tinggi serat sehingga mengonsumsinya bisa menimbulkan efek kenyang dan menekan nafsu makan.

Baca Juga: 7 Organ Tubuh Ini Cepat Rusak Akibat Merokok

Melansir kontan.co.id dari Healthline, berikut beberapa minuman penurun berat badan yang dapat dikonsumsi:

1. Smoothie sayuran

Minuman yang pertama yang dapat menurunkan berat badan adalah smoothie sayuran. Jenis minuman ini merupakan cara lezat untuk mendapatkan nutrisi tanpa kalori berlebih.

Sayuran hijau, seperti bayam dan kale, kaya akan serat yang dapat membantu untuk merasa kenyang lebih lama.

Untuk mendapatkan manfaat dari minuman ini caranya cukup mudah. Kita dapat membantu smoothie dengan kombinasi sayuran hijau dan buah-buahan dengan indeks glikemik rendah untuk sarapan atau camilan sehat.

2. Minuman protein

Minuman yang kedua yang dapat menurunkan berat badan adalah minuman protein. Jenis minuman ini dapat membantu dalam membangun otot dan mempercepat pemulihan setelah berolahraga, yang penting dalam proses penurunan berat badan.

Pada umumnya, minum shake protein setelah berolahraga untuk mendukung pertumbuhan otot dan pemulihan.

3. Air putih

Minuman yang ketiga yang dapat menurunkan berat badan adalah air putih. Meski terdengar biasa, namun air putih menjadi minuman paling penting untuk mendukung penurunan berat badan.

Dengan tetap menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat meningkatkan metabolisme dan membantu kita merasa kenyang, sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil.

Setidaknya kita dapat minum sekitar 8 gelas air per hari, atau lebih, tergantung pada aktivitas fisik dan kebutuhan individu.

4. Teh herbal

Minuman yang keempat yang dapat menurunkan berat badan adalah teh herbal. Jenis minuman semangat ini seperti seperti peppermint dan chamomile, ternyata dapat membantu mengurangi bloating dan mendukung relaksasi.

Selain itu, dengan mengonsumsi minuman teh herbal di malam hari membantu pencernaan dan relaksasi sebelum tidur.

5. Kopi hitam

Minuman kelima yang dapat menurunkan berat badan adalah kopi hitam. Hal ini karena kopi merupakan stimulan alami yang dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lebih banyak kalori.

Jadi sebaiknya konsumsi kopi hitam tanpa tambahan gula atau krim untuk menjaga kalori tetap rendah.

Baca Juga: 5 Jenis Sayuran Tinggi Kadar Gula

6. Cuka apel

Minuman keenam yang dapat menurunkan berat badan adalah cuka apel. Hal ini karena jenis minuman satu ini diklaim dapat membantu mengurangi nafsu makan dan mempercepat penurunan berat badan.

Caranya cukup mudah, yakni dengan mencampurkan satu sendok makan cuka apel dengan segelas air dan minum sebelum makan.

7. Teh hijau

Minuman ketujuh yang dapat menurunkan berat badan adalah teh hijau. Minuman ini dipercaya kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai catechin, yang dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lemak.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan minum 2-3 cangkir teh hijau per hari untuk memaksimalkan manfaatnya dalam mendukung penurunan berat badan.

Nah, beberapa jenis minuman yang dapat membantu menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat.

Penulis: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga