Catatan Perjalanan Brimob Tertuang dalam Karya

Adinda Septia Putri

reporter

Sabtu, 11 Maret 2023  /  10:18 am

Peluncuran buku 'Brimob Penerus Proklamator' oleh Dankorbrimob Komjen Pol. Anang Revandoko bersama penulisnya, Suryadi. Foto: Ist.

DEPOK, TELISIK.ID - Brimob menjadi lembaga Polri yang punya peran krusial dalam pertahanan dan kesatuan tanah air. Perjalanan bagian tertua Polri itu pun kini tercatat dalam sebuah karya.

Hadir sebuah buku tentang Polri, khususnya pasukan Brimob, memperkaya khasanah kepustakaan tentang Polri bagi siapa saja yang membacanya.

Buku yang diluncurkan oleh Dankorbrimob, Komjen Pol. Drs. Anang Revandoko bersama penulisnya, Suryadi, di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Jumat (10/3/23), mengangkat judul 'Brimob Penerus Semangat Proklamator: Sebuah Catatan Perjalanan Kesetiaan, Keberanian, dan Keikhlasan Bhayangkara Korps Brimob Polri'.

Peluncuran buku menandai pengukuhan Pasukan Brimob I, II, dan III yang bermarkas di Aceh, Kalimantan Timur dan Papua. Masing-masing dipimpin oleh Brigjen Pol. Drs. Firli Ruspang Samosir, Brigjen Pol. Arif Budiman, dan Brigjen Pol. Gatot Haribowo.

Terkait tema sentral yang dijadikan judul buku, Dankorbrimob menegaskan, 'Kesetiaan, Keberanian, dan Keikhlasan' sesungguhnya adalah nilai-nilai yang dibentuk oleh para pendahulu Brimob sehingga lahirlah pasukan pamungkas Polri seperti dewasa ini.

Baca Juga: Bupati Konawe Siapkan Lahan Pembangunan Mako Brimob di Perbatasan Konawe Utara

"Setiap insan Brimob harus berani dan setia membela bangsa dan negara bertamengkan keikhlasan," alumni Akpol 1988B itu mengingatkan.

Pembentukan Pasukan I, II, dan III adalah wujud nyata keikhlasan Brimob hidup di tengah rakyat sebagai pengayom, pelindung, dan pemelihara kamtibmas.

Dalam acara yang dihadiri para mantan Dankor dan Wadankor, Kadiv Humas Polri, IJP Prof. Dedy Prasetyo, Karorenminopa Brimob Brigjen Pol. Drs. Rudy Harianto, dan para Dansatbrimob Polda se-tanah air itu, penulis secara ringkas menyampaikan latar belakang penulisan dan alasan dirinya bersama tim berkenan menulis buku bermateri perjalanan Brimob dari masa ke masa sampai 2022 ketika Korps Brimob naik kelas dari Tipe B ke A.

Baca Juga: Peduli Lingkungan, Satuan Brimob Batalion C Pelopor Bersih-bersih Rumah Ibadah

Selain itu, tentang kesetiaan Brimob (ketika masih Mobrig) sebagai Detasemen Kawal Pribadi (DKP) Presiden RI dan keluarga.

"Buku ini bukan buku ilmiah, tapi mengindahkan kaidah-kaidahnya. Buku serupa ini selalu perlu disempurnakan dan diperkaya di kemudian hari," kata Suryadi yang di masa lalu mengangkat topik 'Peran Mobrig Dalam Merebut Kembali Madiun (1948)' untuk skripsi sejarahnya.

Buku tentang Brimob setebal 492 halaman itu diterbitkan oleh Pelita. Tim penulis terdiri atas Suryadi, Helsi Dinafitri, Budi Bugroho, dan Suhardi. Kata sambutan dari Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Kepala BIN Jenderal Pol (P) Budi Gunawan, Menhan Prabowo, dan Kapolri, Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo. (C-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA SELENGKAPNYA DI GOOGLE NEWS