Bupati Konawe Siapkan Lahan Pembangunan Mako Brimob di Perbatasan Konawe Utara

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 07 Februari 2023
0 dilihat
Bupati Konawe Siapkan Lahan Pembangunan Mako Brimob di Perbatasan Konawe Utara
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa bersama Wakapolda Sulawesi Tenggara Brigjen Pol Waris Agono, saat menghadiri kegiatan upacara pendidikan bagi Bintara dan Tamtama baru di SPN Anggotoa Foto: Ist.

" Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara tengah mempersiapkan pembangunan Markas Komando (Mako) Brigade Mobil (Brimob) di Konawe. Rencana itu pun disambut baik Bupati Kery Saiful Konggoasa (KSK) "

KONAWE, TELISIK.ID - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara tengah mempersiapkan pembangunan Markas Komando (Mako) Brigade Mobil (Brimob) di Konawe. Rencana itu pun disambut baik Bupati Kery Saiful Konggoasa (KSK).

Sambutan baik tersebut diungkapkan KSK saat menghadiri upacara pembukaan pendidikan pembentukan Bintara Polri gelombang I TA 2023 di SPN Anggotoa Polda Sulawesi Tenggara. Acara tersebut turut dihadiri Wakapolda, Brigjen Pol Waris Anggono bersama pejabat Polda lainnya.

KSK mengungkapkan, pembangunan Mako Brimob awalnya direncanakan di Kecamatan Lambuya. Akan tetapi, lahan yang tersedia cukup kecil, yakni hanya sekira 4 hektare.

Baca Juga: Ratusan Calon Bintara dan Tamtama Ikuti Pendidikan di SPN Anggotoa

"Hasil koordinasi dengan Polda, rencana pembangunan itu kemudian berubah dan pindah ke Kecamatan Meluhu," ujarnya.

KSK menerangkan, kawasan pembangunan Mako Brimob terletak tidak jauh dari perbatasan Meluhu dan Konawe Utara. Pemda Konawe telah menyiapkan lahan sekira 11 hektare.

Bupati Konawe bersama ketua kepala SPN Anggotoa dan jajaran saat hadiri kegiatan pendidikan pembentukan Bintara dan Tamtama.Foto : Ist

 

Menurut KSK, Pembangunan Mako Brimob di Meluhu dinilai cukup strategis, khususnya dari segi ekonomi. Kehadiran mako akan membuat pengamanan di obyek vital nasional yang ada di Konawe dan Konawe Utara bisa lebih maksimal.

 

Bupati Konawe bersama ketua kepala SPN Anggotoa dan jajaran saat hadiri kegiatan pendidikan pembentukan Bintara dan Tamtama.Foto : Ist

 

"Pendapatan negara dari mineral tambang 2022 itu mencapai Rp 400 Triliun. Sebanyak 70 persen dari Sulawesi. Tahun ini target negara mencapai Rp 1400 Triliun. Kehadiran mako akan mendukung itu di Konawe dan Konawe Utara," pungkasnya.

Baca Juga: IWAPI Siap Majukan UMKM di Kabupaten Konawe

Sementara itu, Wakapolda Sulawesi Tenggara, Brigjen Pol Waris Agono mengungkap rencana pembangunan Mako Brimob Polda Sulawesi Tenggara di Kabupaten Konawe untuk menambah pengamanan di lingkup Konawe.

Bupati Konawe bersama Wakapolda Sulawesi TenggaraFoto : Ist

 

"Apalagi daerah Konawe ini merupakan daerah tambang," ujarnya.

Ia mengungkap, saat ini ada 500 orang Bintara Brimob baru yang sementara mengikuti kegiatan pelatihan di SPN Anggotoa. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga