Deretan Kuliner Khas Prancis yang Patut Dicoba

Nur Khumairah Sholeha Hasan

reporter

Kamis, 15 Desember 2022  /  12:51 pm

Rotatouille adalah makanan khas Prancis yang terbuat dari sayur-sayuran dan sering disajikan bersama roti, nasi, atau kentang atau sajian pelengkap lainnya. Foto: Repro Fnbpreneur.id

PARIS, TELISIK.ID - Berbicara kuliner memang tak ada habisnya, beragam sajian dengan bumbu pelengkap tak sedikit menggugah selera saat menyantapnya.

Salah satu kuliner yang bisa Telisikers santap sambil nonton Piala Dunia 2022 adalah kuliner khas Prancis. Berikut ini beberapa makanan khas Prancis yang bisa dicoba, dilansir dari Fnbpreneur.id dan Katadata.id antara lain:

1. Escargot

Makanan khas Perancis yang pertama adalah escargot. Escargot merupakan makanan yang terkenal karena bahan utamanya yang unik. Makanan ini terbuat dari siput atau bekicot. 

Makanan ini ternyata juga memiliki beberapa nutrisi yang bagus untuk tubuh. Escargot ternyata memiliki kandungan gizi protein, vitamin B2, dan asam amino yang bagus untuk tubuh.

Baca Juga: Pengunjung Lippo Plaza Menurun Sejak The Park Kendari Beroperasi

2. Ratatouille

Ratatouille merupakan makanan khas Prancis dari wilayah Provence. Hidangan ini terdiri dari terong, tomat, bawang bombai, paprika, zucchini, bawang putih, dan rempah-rempah yang direbus dalam minyak zaitun.

Pada zaman dahulu, ratatouille dianggap sebagai hidangan petani karena dibuat dengan sisa sayuran. Makanan ini biasa dimakan dengan nasi, pasta atau roti. Namun, ratatouille telah berkembang menjadi hidangan mewah yang disiapkan oleh koki.

Baca Juga: Cegah Stunting Lewat Kampung KB

3. Coq au vin

Coq au vin sendiri dalam bahasa Prancis memiliki arti ayam jantan di wine, makanan ini merupakan makanan yang terbuat dari olahan ayam atau lebih tepatnya menggunakan paha ayam. Makanan ini juga dimasak menggunakan anggur merah atau wine dan juga bahan-bahan lainnya.

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat masakan khas Prancis ini cukup lama. Hal ini karena bertujuan agar seluruh bahan-bahan makanan bisa menyerap sempurna ke dalam ayam. Dengan bahan makanan yang mewah yaitu anggur merah atau wine, tidak heran jika makanan ini pastinya sangat lezat untuk Telisikers nikmati. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS