Dompet Dhuafa Sulawesi Tenggara Bangkitkan Semangat Berbagi Lewat Menulis

La Ode Andi Rahmat

Reporter

Sabtu, 08 April 2023  /  6:58 pm

Jurnalis Telisik.id sebagai pembicara workshop kepenulisan yang digelar perwakilan Dompet Dhuafa Sulawesi Tenggara. Foto: La Ode Andi Rahmat/Telisik

KENDARI, TELISIK.ID - Perwakilan Dompet Dhuafa Sulawesi Tenggara bangkitkan semangat berbagi masyarakat lewat menulis buku dengan menggelar workshop kepenulisan, Sabtu (8/4/2023).

Workshop kepenulisan itu menghadirkan penulis lokal, Fitrah Nugraha. Selain sebagai penulis buku, ia juga merupakan Founder Nulispreneur dan jurnalis Telisik.id.

Kegiatan yang digelar santai di salah satu cafe Kota Kendari itu merupakan ajang silaturahmi antar partisipasi Dompet Dhuafa Sulawesi Tenggara, serta dirangkai dengan buka puasa bersama, tampak puluhan peserta antusias dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada pembicara.

Baca Juga: BKKBN Sultra Genjot Turunkan Stunting di Kolaka Utara

Ketua Dompet Dhuafa Sulawesi Tenggara, Hasan Afif mengatakan, workshop diikuti puluhan partisipan, di antaranya alumni sekolah guru Indonesia, penerima Beastudi Etos dan Dompet Dhuafa Volunteer.

Kegiatan tersebut kata dia, tidak hanya memberikan pemahaman tentang menulis buku saja, tapi para peserta juga akan membuat buku bersama dalam bentuk buku antalogi dengan tema kebaikan dari hati.

"Jadi teman-teman menulis tentang apa yang mereka dapat dari value Dompet Dhuafa, serta bagaimana value itu mereka kontribusikan bagi masyarakat," katanya.

Sementara itu, Fitrah Nugraha mengungkapkan, menulis menjadi keahlian yang bisa dilakukan siapa saja. Asal ada kemauan, semua orang bisa menulis buku dengan baik.

Dengan menulis kata dia, banyak manfaat yang dapat diperoleh, di antaranya adalah sebagai sarana berbagi pengalaman, ilmu, hingga dapat menjadi sumber penghasilan.

"Buku yang kita tulis itu sebenernya adalah aset kita. Karena siapa tahu ada orang yang membaca dan mendapatkan kebaikan dari tulisan kita itu. Maka itu bisa menjadi pahala jariyah bagi kita," ungkapnya.

Baca Juga: Dinakhodai Dirut Bank Sultra, Pengukuhan IKA FPIK UHO Dihadiri Banyak Pejabat

Abdul Bukit Jalil, salah seorang peserta mengungkapkan, kegiatan menulis sangat membantu ekspresikan segala gagasan dalam pikiran dituangkan dalam seuatu bentuk karya.

"Dengan menulis saya dapat menuangkan imajinasi yang saya tidak bisa ungkapkan dalam dalam dunia nyata," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan dengan kegiatan workshop, ia bisa termotivasi lagi untuk giat menulis apalagi dalam menceritakan kesehariannya sebagai penerima manfaat beasiswa etos ID wilayah Kendari. (A)

Penulis: La Ode Andi Rahmat

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS