Inner Ring Road Urai Kemacetan di Kota Kendari, Target Rampung Oktober

Aris Mantobua

reporter

Kamis, 09 Juni 2022  /  9:03 am

Pembangunan jembatan 90 yang berada di Kali Kadia, Kelurahan Bende, Kota Kendari. Foto: Aris Mantobua/Telisik

KENDARI, TELISIK.ID - Proses pembangunan Inner Ring Road (jalan lingkar dalam) terus digenjot dan ditargetkan selesai pada bulan Oktober 2022 mendatang.

Pembangunan jalan yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kendari ini digadang-gadang akan mengurangi kemacetan yang ada di Kota Kendari.

Kadis PUPR Kota Kendari, Erlis Sadya Kencana mengatakan, saat ini pembangunan Inner Ring Road menunjukkan progres yang sangat signifikan.

Satu demi satu titik jalan itu sudah terhubung seperti Jalan Kali Kadia-RSUD Kota Kendari ataupun jalan ZA Sugianto-Jalan Mokodompit semuanya sudah terhubung. Pembuatan bundaran juga sudah mulai dikerjakan.

"Saat ini sedang dilakukan pemasangan beton di seluruh titik jalan seperti di Jalan Mokodompit dan pemasangan saluran jalan," terangnya.

Erlis menerangkan, proses pembuatan Inner Ring Road berjalan dengan baik. Pengerjaan jalan dan jembatan tidak mengalami hambatan yang begitu berarti.

Pemasangan tiang pancang jembatan kembar 90 yang berada di kali Kadia saat ini sedang dilakukan pembangunannya,  dan untuk jembatan 25 dekat Rujab Wali Kota saat sedang dilakukan persiapan pengerjaan.

"Semoga proses dari pembuatan Inner Ring Road ini berjalan sesuai dengan harapan kita semua, dan rampungnya jalan tersebut bisa mengurangi kemacetan yang ada di Kota Kendari khususnya area Pasar Baru dan Jembatan Triping," harapnya.

Diketahui, area depan Pasar Baru dan Jembatan Triping seringkali terjadi kemacetan parah, terutama di waktu pagi dan sore hari.

Baca Juga: Nginap di Kota Kendari Jokowi dan Istri Tiba di Hotel

Salah orang warga Kota Kendari Ismiati Rahmadina mengharapkan dengan adanya Inner Ring Road mampu mengurangi tingkat kemacetan yang terjadi di beberapa titik di Kota Kendari.

"Semoga cepat rampung, agar bisa mengurangi kemacetan di Jembatan Triping dan di depan Pasar Baru. Karena di saat tertentu, jalan-jalan tersebut sangat macet," harapnya, Kamis (9/6/2022).

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari Rajab Jinik mengatakan, pada dasarnya pertumbuhan penduduk yang semakin besar di Kota Kendari, terutama di kawasan Nambo dan Abeli membuat jumlah kendaraan bermotor menjadi lebih banyak.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bersama Istri Tiba di Kendari, Sapa Warga dengan Senyum

Terkait dengan percepatan pembagunan Inner Ring Road sendiri itu merupakan langkah yang cepat dilakukan oleh Pemerintah Kota Kendari. Pihaknya juga terus melakukan pengawasan terhadap proses penyelesaian jalan tersebut.

"Apa yang diharapkan masyarakat Kota Kendari bisa sesuai dengan ekspektasi. Setidaknya lahan yang selama ini menjadi lahan tidur bisa dimanfaatkan oleh pemerintah kota untuk kepentingan masyarakat," pungkasnya. (A)

Penulis: Aris Mantobua

Editor: Haerani Hambali