Sempat Dicuri, Sepeda Ditemukan di Grup Facebook Kendari Jual Beli

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 15 September 2020
0 dilihat
Sempat Dicuri, Sepeda Ditemukan di Grup Facebook Kendari Jual Beli
Sepeda gunung milik warga Kecamatan Kambu, La Ode Munafar yang sempat dijual di grup Facebook KJB. Foto: Ist.

" Saya menemukan sepeda saya dijual di sana (grup KJB). Kemarin hingga malam, bersama buser dan dibantu teman di Polda, melakukan pengejaran terhadap pelaku. Alhamdulillah pelaku sudah tertangkap. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sepeda gunung milik warga Kecamatan Kambu, Kota Kendari, La Ode Munafar yang hilang, kini telah ditemukan di grup Facebook Kendari Jual Beli (KJB).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Telisik.id dari pemilik sepeda, sepedanya hilang pada Minggu dini hari (13/9/2020). Namun sehari kemudian, tepat Senin kemarin, sepeda tersebut telah dijual di satu komunitas jual beli Kendari (KJB) di Facebook.

"Saya menemukan sepeda saya dijual di sana (grup KJB). Kemarin hingga malam, bersama buser dan dibantu teman di Polda, melakukan pengejaran terhadap pelaku. Alhamdulillah pelaku sudah tertangkap," katanya.

Padahal sebelumnya, ia menyimpan sepeda itu di dalam halaman rumah, bahkan semua pagar rumah dikunci dengan gembok, termasuk sepeda tersebut juga dikunci dengan kunci rantai.

Baca juga: DPRD Kota Kendari Minta Kompensasi Tunjangan Transportasi

"Tetap waspada, sekarang banyak orang lapar, bikin sebagian orang jadi bringas. Meski sepeda saya sudah dikunci, tapi namanya pencuri segala macam cara digunakan," ujarnya.

Olehnya itu, Munafar menyarankan kepada siapa saja, jika punya sepeda, kalau masih ada ruangan di dalam rumah, maka sebaiknya sepeda dimasukkan dalam rumah.

Andai pun jadi korban pencurian, segera buat laporan 1 x 24 jam. Lalu coba cari-cari di komunitas jual beli online, dan yang penting juga sepeda harus ditandai nomor rangkanya. Agar bisa jadi bukti bahwa itu benar-benar sepeda milik sendiri, mengingat banyak merk sepeda yang sama.

"Kasian masyarakat kita. Kurang uang, membuat sebagian orang menggunakan segala macam cara untuk mendapatkan uang. Sebulan terakhir ini, sering terjadi pencurian sepeda di Kendari dan korbannya termasuk saya," imbuhnya.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga