Jay Idzes Bisa Tampil Lawan Jepang di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Merdiyanto

Content Creator

Sabtu, 19 Oktober 2024  /  1:05 pm

Jay Idzes dipastikan bisa memperkuat Timnas Indonesia saat menjamu Jepang dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Foto: Repro AFC

JAKARTA, TELISIK.ID - Bek tengah Timnas Indonesia, Jay Idzes, dipastikan tampil dalam laga krusial melawan Jepang di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sebelumnya, Jay Idzes sempat ada kekhawatiran bahwa pemain Venezia FC ini akan absen akibat akumulasi kartu kuning.

Hal itu dikonfirmasi oleh Manajer Timnas Indonesia, Sumardji, yang mengkonfirmasi bahwa Jay Idzes dapat bermain dalam pertandingan melawan Jepang pada babak kualifikasi Piala Dunia 2026 di Jakarta, 15 November mendatang.

"Jay Idzes tidak akumulasi kartu dikarenakan itu (vs Vietnam) masih masuk round dua. Sedangkan untuk round tiga pemutihan semua. Yang dihitung hanya round tiga," kata Sumardji dilansir CNNIndonesia.com, Sabtu (19/10/2024).

Laga Indonesia vs Jepang pada pekan kelima Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Baca Juga: Klasemen Sementara Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Indonesia ke 5

Awalnya, Jay Idzes diprediksi akan absen dalam pertandingan melawan Jepang. Sesuai dengan regulasi Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang mengharuskan pemain absen satu laga jika terkena akumulasi kartu kuning.

Jay Idzes mengantongi kartu kuning kedua pada pertandingan melawan China tanggal 15 Oktober 2024, setelah sebelumnya mendapat kartu kuning saat melawan Vietnam, 26 Maret 2024 pada babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Namun, Sumardji menjelaskan bahwa ada kebijakan pemutihan kartu kuning antara babak kedua dan ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, sehingga kartu kuning yang diterima Jay Idzes saat melawan Vietnam tidak diperhitungkan.

Dikutip dari Okezone.com, Sabtu (19/10/2024), dengan demikian hanya Ivar Jenner yang dipastikan absen saat Indonesia menghadapi Jepang. Pemain naturalisasi itu terkena akumulasi kartu kuning setelah pertandingan melawan Bahrain dan China.

Baca Juga: AFC Tanggapi Permintaan Bahrain Pindahkan Venue Lawan Timnas Indonesia

"Yang akumulasi kartu hanya Ivar Jenner," kata pria yang juga menjabat Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PSSI.

Selain Jay Idzes, ada Ragnar Oratmangoen, Marselino Ferdinan, Maarten Paes, Calvin Verdonk dan Muhammad Ferarri yang telah mengoleksi satu kartu kuning.

Sumardji pun akhirnya bisa kembali mendampingi Timnas Indonesia di pinggir lapangan saat melawan Jepang setelah absen pada pertandingan sebelumnya melawan China akibat kartu merah. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS