Lagi, Polisi di Jawa Timur Kedapatan Positif Sabu

Try Wahyudi Ary Setyawan

Reporter Surabaya

Kamis, 25 Agustus 2022  /  10:09 pm

Kabidhumas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Dirmanto mengatakan, 3 anggota Polsek Sukomanunggal positif sabu usai tes urin. Foto: Ist.

SURABAYA, TELISIK.ID - Belum tuntas pengusutan kasus sabu yang melibatkan Kapolsek Sukodono Sidoarjo dan 2 anggotanya, institusi Polri di jajaran Polda Jawa Timur tercoreng lagi.

Dalam tes urine yang dilakukan tim Bid Propam Polda Jawa Timur, ditemukan 3 oknum polisi dari Polsek Sukomanunggal Surabaya positif sabu. Tiga orang tersebut berinisial Aipda TA, Aiptu EW dan Bripka FR.

"Mereka positif konsumsi sabu setelah dilakukan sidak tes urine oleh Bid Propam Polda Jawa Timur pada pukul 19.00 WIB, Rabu (24/8/2022)," ujar Kabidhumas Polda Jawa Timur Kombes Pol Dirmanto, Kamis (25/8/2022) malam.

Mantan Kapolsek Wonokromo ini mengatakan, selain 3 orang tersebut, masih ditunggu hasil uji laboratorium 5 anggota lagi yang disinyalir juga konsumsi sabu.

Baca juga: Ditangkap di Mako Bersama Anggotanya, Kapolsek Sukodono Asyik Hisap Sabu

"Lima masih didalami menunggu hasil dari laboratorium forensik dan mudah-mudahan tidak lama lagi keluar hasilnya," terangnya.

Soal barang bukti, Dirmanto mengatakan, tidak dijumpai adanya barang bukti sabu saat dilakukan sidak malam tersebut.

Baca juga: Gudang Kopra Depan RS Hermina Kendari Terbakar, Pemadam Kewalahan

"Diperkirakan melakukannya di luar Mako," jelasnya.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menegaskan akan langsung memecat anggota Polri yang terbukti terlibat dalam penyalahgunaan narkoba maupun judi. Hal tersebut disampaikan Kapolri usia melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR RI di Gedung Nusantara II Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (24/8/2022) malam.

"Saya sudah perintahkan ke seluruh anggota apakah itu Kapolda, Kapolres, Direktur bahkan pejabat di Mabes, saat kita periksa di lapangan masih ada pasti saya copot. Saat ini tim sedang turun bekerja," ujar Sigit. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin