Pemkab Kolaka Utara Raih Adipura Kategori Kota Kecil ke-6 Kalinya

Muh. Risal H

Reporter Kolaka Utara

Selasa, 28 Februari 2023  /  9:44 pm

Pj Bupati Kolaka Utara, Parinringi saat menerima piala adipura ke-6 kategori kota kecil dari Menteri LKH, Siti Nurbaya. Foto: Ist.

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara kembali meraih penghargaan piala adipura kategori kota kecil ke-6 kalinya tahun ini.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya di gedung Manggala Wanabakti, Gedung Pusat Kehutanan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Atas prestasi tersebut Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Parinringi mengucap syukur karena Kolaka Utara tahun ini kembali menorehkan penghargaan di bidan lingkungan.

Baca Juga: Angka Penderita HIV AIDS di Kolaka Utara Meningkat Signifikan

Prestasi itu tidak terlepas dari perjuangan para kepala daerah pendahulunya yang telah mengoleksi hal serupa.

"Saya juga berterimah kasih kepada seluruh masyarakat dan stakeholder yang telah berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan. Penghargaan ini mustahil diraih tanpa dukungan dari semua pihak," terangnya.

Terkait penghargaan tersebut, pihaknya telah menjembatani lebih awal melalui program Selasa bersih dan Jumat sehat. Penanganan kebersihan itu berlaku hingga ke tingkat desa sehingga sangat membantu DLH dalam menangani sampah.

Kadis DPMPTSP Sulawesi Tenggara ini meminta, semua komponen masyarakat Kolaka Utara turut berpartisipasi mensukseskan semua program yang telah dicanangkan pemerintah daerah.

"Mari menjaga khususnya Kota Lasusua sebagai titik pantau penilaian adipura, sehingga adipura ke-6 dapat dipertahankan. Saya yakin dengan bantuan seluruh masyarakat penghargaan ini kita pertahankan," pungkasnya.

Sementara itu, Menteri LHK, Siti Nurbaya dalam sambutannya, mengingatkan para kepala daerah terkait pengelolaan lingkungan di wilayah masing-masing agar tidak ada upaya pembakaran di TPS dengan cara mengoptimalisasi penanganan.

"Terterima kasih kepada semua pemda yang hadir. Kami harapkan pengelolaan lingkungan semakin lebih baik ke depannya," tukasnya.

Baca Juga: Polres Kolaka Utara Bakal Sanksi Berat Anggota Tak Netral pada Pilkades

Sebelumnya Kadis DLH Kolaka Utara, Mardang menuturkan, titik pantau yang masuk kategori penilaian adipura kali ini yakni ada beberapa OPD, sekolah, puskesmas, pasar, pelabuhan dan beberapa kelurahan.

Untuk Sulawesi Tenggara, hanya ada tiga kabupaten yang ikut dalam kegiatan itu, yakni Wakatobi, Kolaka dan Kolaka Utara.

"Kolaka Utara sudah meraih 5 kali piala adipura kategori kota kecil," ujarnya beberapa waktu lalu. (A-Info)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS