Atlet Bulu Tangkis Asal Kendari Bela Negara Lain di Olimpiade Tokyo

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 25 Juli 2021
0 dilihat
Atlet Bulu Tangkis Asal Kendari Bela Negara Lain di Olimpiade Tokyo
Atlet bulu tangkis asal Kendari yang bela negara lain di Olimpiade Tokyo. Foto: Repro Indosport

" Saat menerima proposal dari Azerbaijan, saya pikir ini adalah peluang besar untuk bisa mewakili dalam kejuaraan dunia dan Olimpiade "

TOKYO, TELISIK.ID - Indonesia telah mengirimkan 11 atlet yang akan bertanding di cabang olahraga badminton pada Olimpiade Tokyo 2020.

Namun, ada hal menarik yang menjadi sorotan. Pasalnya, satu wakil berdarah Indonesia yang akan berlaga di ajang Olimpiade bukan membela Tanah Air, melainkan berjuang untuk Azerbaijan. Nama tersebut adalah Ade Resky Dwicahyo.

Ade merupakan pemain asli Indonesia kelahiran Kendari 14 Mei 1998. Dia sempat diberikan kesempatan untuk turun di kejuaraan beregu seperti Junior Asia Championship serta Kejuaraan Dunia Bulutangkis di tahun 2016.

Namun, selama berkiprah di Tanah Air, dia tidak begitu cemerlang, Kemudian, dia merasa berat untuk bersaing dan menembus sampai ke Pelatnas. Akhirnya, Pelatih Ade yakni Jeffer menawarkan Ade untuk bergabung ke Timnas Azerbaijan, dan Ade menerima tawaran tersebut.

“Saat menerima proposal dari Azerbaijan, saya pikir ini adalah peluang besar untuk bisa mewakili dalam kejuaraan dunia dan Olimpiade," tutur Ade situs resmi PBSI. 

"Saya telah berhasil mewakili federasi Azerbaijan dalam kompetisi internasional selama tiga tahun ini. Aktivitas federasi yang sistematis dan positif adalah salah satu elemen kunci kesuksesan saya pada tahun lalu,” katanya, dilansir Sportstras.id, Minggu (25/7/2021).

Baca Juga: Manchester United Bersedia Lepas Paul Pogba ke PSG

Baca Juga: Yuk Intip 5 Pesepakbola Termahal dalam Sejarah, Bayarannya Bikin Merinding

Dan akhirnya mimpi Ade pun terwujud. Dia bakal tampil di Olimpiade Tokyo nanti, tapi bukan untuk mewakili Indonesia melainkan untuk Azerbaijan yang sudah dia bela selama tiga tahun terakhir ini.

Ade mengaku siap dan akan memberikan yang terbaik meskipun harus berhadapan dengan saudara setanah airnya sendiri seperti Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

Dilansir Okezone, pebulutangkis Ade Resky saat ini menempati peringkat 144 dunia di sektor tunggal putra dan ganda putra. Di sektor ganda putra, ia juga berduet dengan mantan pemain Indonesia, yaitu Azmy Qowimuramadhoni. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga