1 September 2020, Proses Belajar Tatap Muka Mulai Dilaksanakan

Hir Abrianto, telisik indonesia
Senin, 31 Agustus 2020
0 dilihat
1 September 2020, Proses Belajar Tatap Muka Mulai Dilaksanakan
Surat Edaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bombana tentang pelaksana belajar tatap muka di masa pandemi. Foto: Hir/Telisik

" Pihak sekolah tetap memastikan ketersediaan dan penggunaan masker, tempat cuci tangan sebelum masuk ruangan. "

BOMBANA, TELISIK.ID - Setelah alami beberapa kali perpanjangan masa belajar dari rumah bagi siswa, kini Pemerintah Kabupaten Bombana melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan, proses belajar tatap muka bakal dimulai pada Selasa (1/9/2020) besok.

Berdasarkan surat edaran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bombana Nomor : 421 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa pandemi COVID-19 menyampaikan kepada seluruh kepala satuan pendidikan SD dan SMP baik negeri maupun swasta bahwa pelaksanaan proses belajar tatap muka dimulai pada Selasa tanggal 1 September 2020.

Plt. Kepala Dinas Dikbud Bombana, Drs. Man Arfa, dalam suratnya menjelaskan, selama proses belajar tatap muka, peserta didik, pendidik dan tenaga pendidikan lainnya harus bekerja sama menjaga keberlangsungan proses belajar dengan memperhatikan protokol pencegahan penyebaran wabah corona, seperti jaga jarak, cuci tangan sebelum memasuki ruang belajar, dan menggelar tatap muka dengan membagi dua shift.

"Pihak sekolah tetap memastikan ketersediaan dan penggunaan masker, tempat cuci tangan sebelum masuk ruangan," jelas Man Arfa.

Baca juga: Perketat Protokol COVID-19, Pembelajaran Tatap Muka Diperluas

"Yang paling penting adalah proses belajar mengajar dengan membagi dua shift. Shif pertama masuk pada pukul tujuh pagi dan dilanjutkan pada shift kedua 60 menit setelahnya, atau tergantung sekolahnya bagaimana mengatur sistem shift-shift-an ini," tambahnya.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Telisik.id, secara keseluruhan sekolah di Kabupaten Bombana terbagi atas 151 Sekolah Dasar Negeri, 31 SMP Negeri dan 16 SD dan SMP  Satu Atap.

Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Jusman Usman mengatakan, berdasarkan daftar form kesiapan pelaksanaan belajar tatap muka, Keseluruhan sekolah telah menyatakan siap untuk menghentikan belajar daring ini.

"Semua telah mengisi form kesiapan belajar tatap muka apalagi Bombana statusnya nihil kasus corona. Jadi semoga bisa efektif dilaksanakan yang terpenting perhatikan protokol yang ada," pungkasnya.

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga