100 Personel Polisi Disiapkan Amankan Kampanye Terbatas

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 08 Oktober 2020
0 dilihat
100 Personel Polisi Disiapkan Amankan Kampanye Terbatas
Kapolres Muna, AKBP Debby Asri Nugroho. Foto: Sunaryo/Telisik

" Walaupun kampanye tidak ada batasan waktunya, anggota tetap kita siagakan 100 personel untuk pengamanan. "

MUNA, TELISIK.ID - Kepolisian Resort (Polres) Muna all out dalam mengamakan seluruh tahapan Pilkada. Untuk masa kampanye, institusi yang dipimpin AKBP Debby Asri Nugroho menyiapkan sedikitnya 100 personel.

"Walaupun kampanye tidak ada batasan waktunya, anggota tetap kita siagakan 100 personel untuk pengamanan," kata Debby, Kamis (7/10/2020).

Personel pengamanan itu disebar pada lokasi kampanye masing-masing Pasangan Calon (Paslon). Siang dan malam, personel tetap stand by asalkan terlebih dahulu menyampaikan pemberitahuan.

Debby mengaku, kampanye kali ini berbeda dari yang sebelum-sebelumnya. Dimana, pelaksanaannya di tengah bencana non alam pandemi COVID-19. Makanya, jumlah masyarakat yang hadir di setiap kampanye dibatasi 50 orang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Sejauh ini, kondisi kampanye berjalan kondusif dan aman terkendali," sebutnya.

Baca juga: Tolak UU Cipta Kerja, Kader PKS dan Demokrat Dapat Discount 50 Persen di Rumah Makan Ini

Sementara itu, Ketua KPU Muna, Kubais menerangkan, berdasarkan PKPU nomor 11 tahun 2020, Paslon bebas berkampanye dimana dan kapan saja selama masa kampanye. Namun, sebelum berkampanye terbatas, tim Paslon wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada aparat kepolisian dengan tembusan disampaikan kepada KPU.

"Pemberitahuan yang dimaksud adalah hari, tanggal, waktu, tempat, nama pembicara, jumlah peserta yang diundang, penanggungjawab dan tautan," ungkapnya.

Ia berharap dalam pelaksanaan kampanye, Paslon maupun peserta yang diundang dapat mematuhi protokol kesehatan dalam rangka memutus rantai penyebaran virus COVID-19.

"Kami terus sampaikan agar tetap menggunakan Alat Pelindung Diri (APD)  berupa masker, jaga jarak dan hindari kerumunan," pungkasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga