11 April Berkibar, Bendera Indonesia Berlogo PKI Baru Dilaporkan

Rezki Mas'ud, telisik indonesia
Kamis, 28 Mei 2020
0 dilihat
11 April Berkibar, Bendera Indonesia Berlogo PKI Baru Dilaporkan
Bendera Indonesia yang bergambar palu arit berkibar disalah satu UKM mahasiswa di Universitas Hasanuddin Makassar. Foto: Dok Unhas

" Masih kita dalami, kita sudah ambil juga keterangan dari security. Barang buktinya sudah kita sita. "

MAKASSAR, TELISIK.ID - Bendera merah putih bergambar palu arit ditemukan di area kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Bendera bergambarkan palut arit yang merupakan lambang dari Partai Komunis Indonesia (PKI) itu, pertama kali ditemukan security kampus Unhas pada tanggal 11 April 2020 lalu.

Saat ditemukan, lambang negara yang sudah bergambar simbol palur arit itu sudah berkibar, parahnya lagi simbol negara tersebut yang ditemukan sebulan lalu baru dilaporkan beberapa hari terakhir ini oleh pihak kampus.

Bendera Indonesia yang beredar dengan lambang palu arit tersebut, kini sudah diamankan di Mapolrestabes Makassar dan sementara mencari pelaku yang memasang simbol negara tersebut.

Baca juga: Keistimewaan Menikah di Bulan Syawal yang Dilakukan Rasulullah

Saat ini, polisi masih menyelidiki terkait bendera yang ditemukan di lantai dua pada bangunan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unhas.

Sebab saat bendera itu ditemukan, kondisi kampus dalam keadaan kosong lantaran diliburkan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Masih kita dalami, kita sudah ambil juga keterangan dari security. Barang buktinya sudah kita sita," ujar Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Agus Chaerul kepada telisik.id, Kamis (28/5/2020).

Pihak kepolisian juga masih berkoordinasi dengan pihak kampus, untuk mengungkap pelaku pemasangan bendera merah putih berlogo PKI itu.

Baca juga: Penetapan Pasien Positif di Bombana Dinilai Janggal

Dikonfirmasi terpisah, Wakil Rektor III Unhas Makassar, Profesor Arsunan Arsin, membenarkan soal insiden bendera merah putih bergambar palu arit itu.

Dia mengatakan, bendera itu ditemukan pada 11 April 2020, saat agenda patroli rutin keamanan kampus ke semua fakultas. Saat itu, didapati kain yang menyerupai bendera merah putih yang di tengahnya terdapat logo palu arit.

"Saya ke lokasi dan minta kain yang tergantung tersebut diturunkan. Setelah itu, pihak Satpam menyerahkan kain tersebut ke pihak kepolisian, Polsek Tamalanrea, dan informasinya masih dalam pengembangan pihak kepolisian," ujar WR III Universitas Hasanuddin Makassar.

Hingga berita ini diturunkan, pihak kampus dan Polrestabes Makassar terus melakukan pencarian pelaku pengibar bendera yang juga sebagai simbol negara.

Reporter: Rezki Mas'ud

Editor: Sumarlin

Baca Juga