11 Januari, Sekolah di Muna Serentak Belajar Tatap Muka

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 06 Januari 2021
0 dilihat
11 Januari, Sekolah di Muna Serentak Belajar Tatap Muka
Kadikbud Muna, Ashar Dulu. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kita ikuti kemauan orang tua, tetapi tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) COVID-19 sesuai SKB empat menteri. "

MUNA, TELISIK.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Muna akhirnya memutuskan proses belajar mengajar tatap muka di sekolah serentak dilaksanakan pada 11 Januari mendatang.

"Kita sudah sampaikan ke pihak sekolah untuk belajar tatap muka dimulai pekan depan," kata Kadikbud Muna, Ashar Dulu, Rabu (6/1/2021).

Proses belajar mengajar secara langsung di sekolah, juga merupakan keinginan para orang tua siswa. Dimana, setiap rapat komite, orang tua memberi saran agar proses belajar di sekolah untuk segera dilaksanakan. Pasalnya, selama pembelajaran secara online dinilai kurang efektif.

"Kita ikuti kemauan orang tua, tetapi tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) COVID-19 sesuai SKB empat menteri," ungkapnya.

Baca juga: Pembelajaran Tatap Muka Hari Pertama di Kendari Berjalan Efektif

Nantinya, bila proses belajar mengajar sudah berlangsung, para siswa tidak masuk satu kali menyeluruh di dalam ruang kelas. Namun, dibagi. Untuk TK, jumlahnya maksimal 50 orang, SD 15 orang dam SMP 18 orang per kelasnya. 

"Itu kita lakukan untuk menghindari kerumunan dan proses belajar mengajar tetap jaga jarak serta menggunakan masker," sebutnya.

Selama proses belajar di sekolah berlangsung, para siswa akan terus dipantau. Bila ada orang tua, tetangga atau kerabat siswa yang dinyatakan positif COVID-19, maka sekolah langsung akan diliburkan selama seminggu. Sementara, siswa yang kontak erat akan diserahkan ke tim satuan gugus tugas COVID-19.

"Saat libur itu, sekolah wajib melakukan penyemprotan cairan disinfektan," tandasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga