11 Jurusan Unik di Dunia: Ada dari Indonesia

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 16 Januari 2023
0 dilihat
11 Jurusan Unik di Dunia: Ada dari Indonesia
Menuntut ilmu di perguruan tinggi mengharuskan Anda memilih bidang ilmu yang sesuai minat dan bakat, di beberapa kampus di dunia ternyata menyediakan bidang ilmu yang unik untuk dipelajari. Foto: Repro Umn.ac.id

" Ternyata ada beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan unik, yang tidak didapati di perguruan tinggi lain "

KENDARI, TELISIK.ID – Sebuah perguruan tinggi terdiri dari banyak fakultas dan jurusan yang ada di dalamnya. Saat masuk ke perguruan tinggi, Telisikers punya banyak pilihan bidang ilmu yang bisa dipilih untuk menggapai cita-cita.

Jurusan yang paling umum ada di perguruan tinggi biasanya seperti ekonomi, politik, pendidikan, hukum, dan lainnya. Namun ternyata ada beberapa perguruan tinggi di dunia yang menyediakan jurusan keilmuan yang unik dan jarang ditemukan.

Dikutip dari Sonora.id dan Edukasi.sindonews.com, berikut beberapa jurusan unik yang ada di dunia.

1. Teknik Kertas (Western Michigan University)

Kalau ingin bekerja sebagai insinyur atau peneliti di bidang kertas, Telisikers bisa mendalami jurusan ini. Kamu akan belajar banyak hal, mulai dari bagaimana praktik yang muncul seperti biofuel dan biopolimer berdampak pada produksi kertas bahkan hingga penanaman dan pemrosesan pohon.

2. Studi Equine (Post University)

Equine adalah salah satu famili mamalia Equidae (ordo Perissodactyla) yang meliputi kuda, zebra, dan keledai. Post University menawarkan jurusan ini untuk siswa yang ingin mempelajari dasar-dasar ilmu kuda dan mmencakup topik-topik seperti praktik gudang yang aman serta manajemen fasilitas.

3. Media & Permainan Interaktif (University of Southern California)

USC menawarkan program ini untuk calon desainer film dan gim interaktif. Peserta didik bekerja secara langsung dengan aktor untuk menemukan bagaimana kata-kata dan suara dapat membuat narasi menjadi hidup.

4. Ilmu Jeruk dan Hortikultura (Florida Southern College)

Baca Juga: MAN IC Kendari Buka Penerimaan Peserta Didik Baru

Apabila kuliah di jurusan ini, kamu akan mempelajari kultur jaringan tanaman dan analisis DNA dan kebanyakan meneliti tanaman jeruk dengan pengalaman langsung.

5. Biologi dan Kimia Ganja (Colorado State University)

Program studi Biologi dan Kimia Kanabis atau Ganja akan memberimu fasilitas untuk belajar mengenai bidang ilmu ganja dengan pemilihan penekanan produk analitis atau alami. Area analitik berfokus pada kimia dan mempersiapkanmu untuk berkarir sebagai teknisi biologi, ahli biokimia, dan ahli biofisika.

Sementara area produk alami berfokus pada biologi dan mencakup kursus lanjutan dalam genetika, neurobiologi, dan produk alami.

6. Ilmu Fermentasi (Appalachian State University)

Appalachian State University menawarkan sebuah jurusan yang mengajarkan dasar-dasar fermentasi. Nantinya, kamu mempelajari tentang anggur dan metode pembuatan bir dan bagaimana menggunakan fermentasi dalam persiapan makanan, peran mikrobiologi dan kimia dalam keamanan fermentasi, serta mengetahui topik pemasarannya.

7. Metalsmithing and Jewelry (Murray State University)

Untuk kamu yang ingin menjadi seorang calon pembuat perhiasan dan pandai besi, kamu dapat mengasah keterampilan menggergaji dan menyolder melalui jurusan ini. Kamu juga akan mengeksplorasi desain permukaan dan karya patung dan bekerja dengan media campuran seperti kayu.

8. Seni Komedi (California Baptist University, DePaul University, Emerson College)

Di jurusan Seni Komedi, kamu akan menghabiskan banyak waktu belajar untuk tertawa dan ditertawakan. Kamu juga akan mengasah keterampilan menulis dan presentasi sehingga kamu dapat membuat skrip yang lucu.

9. Teknologi Batik (Universitas Pekalongan)

Baca Juga: 7 Universitas Terbaik dan Terfavorit di Sulawesi

Sebagai salah satu kota penghasil batik terbesar di Indonesia, Pekalongan melalui Universitas Pekalongan menyediakan jurusan bagi kalian yang ingin mendalami batik, baik secara filosofi dan teori maupun pembuatan batik. Jurusan ini hanya disediakan oleh Universitas Pekalongan (Unikal).

10. Manajemen Industri Katering (UPI)

Tertarik dengan bidang kuliner? Tak harus menjadi chef, kamu juga bisa bergelut di bidang kuliner dengan masuk ke jurusan Manajemen Industri Katering yang hanya ada di UPI. Di jurusan ini kamu akan membahas tentang manajemen operasional usaha kuliner mulai perencanaan, pengelolaan, hingga pemasaran. Kamu juga akan dibekali dengan pengetahuan dasar yang seru banget, yaitu seluk beluk kuliner dari lokal hingga mancanegara.

11. Ilmu Keluarga dan Konsumen (IPB)

Institut Pertanian Bogor (IPB)  ternyata punya satu jurusan unik yang mempelajari tentang pengembangan dan pemberdayaan keluarga, yaitu Ilmu Keluarga dan Konsumen. Seperti namanya, di jurusan ini kamu akan belajar tentang upaya-upaya peningkatan ketahanan keluarga, kualitas perlindungan anak, hingga pemberdayaan keluarga serta konsumen. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga