11 Negara dengan Waktu Puasa Terlama di Dunia, Sampai 20 Jam

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 01 April 2022
0 dilihat
11 Negara dengan Waktu Puasa Terlama di Dunia, Sampai 20 Jam
Menunggu waktu berbuka puasa. Foto: Repro Shutterstock

" Pada akhir bulan Ramadan, setiap harinya akan menjadi sedikit lebih lama daripada awal Ramadan dan di beberapa negara bahkan durasi puasanya menjadi lebih pendek saat memasuki akhir Ramadan "

KENDARI, TELISIK.ID - Selama Ramadan, Muslim di seluruh dunia berpuasa selama satu bulan penuh. Puasa dimulai saat sebelum fajar dan berbuka di saat matahari terbenam.

Tahun lalu, durasi puasa Ramadan berkisar antara 11 hingga 20 jam, tergantung lokasi. Tahun ini, durasi tersebut tak jauh berbeda. Sebab jadwal matahari terbit dan terbenam tahun ini perbedaanya tak signifikan dari tahun lalu.

Pada akhir bulan Ramadan, setiap harinya akan menjadi sedikit lebih lama daripada awal Ramadan dan di beberapa negara bahkan durasi puasanya menjadi lebih pendek saat memasuki akhir Ramadan.

Berikut ini Telisik.id telah merangkum daftar negara dengan durasi puasa paling panjang di dunia pada 2022 ini, dikutip dari Kompas.com dan Gatra.com.

Baca Juga: Baca Doa Ini Sambut Bulan Ramadan, Agar Diberi Kesehatan dan Keselamatan

1. Norwegia, Finlandia, Greenland: 20 jam

2. Jerman: 19 jam

3. Reykjavík, Islandia: 16 jam 50 menit.  

4. Polandia: 15 jam,

5. London, Inggris: 15 jam

6. Paris, Prancis: 16 hingga 17 jam

7. Lisbon, Portugal: 15 hingga 16 jam

8. Athena, Yunani: 15 hingga 16 jam

9. Beijing, Cina: 15 hingga 16 jam

10. Washington DC, AS: 15 hingga 16 jam

11. Ankara, Turki: 15 hingga 16 jam

Diketahui ada dua cara dalam mengetahui kapan puasa Ramadan bisa dimulai, yakni hisab (hitungan) dan rukyatul hilal (melihat hitungan).

Baca Juga: Yuk, Kenali Dua Metode Penetapan Awal dan Akhir Ramadan

Di Indonesia, ada beberapa badan yang biasa menentukan tanggal mulainya ibadah puasa 1 Ramadan, dari Muhammadiyah hingga Nahdlatul Ulama (NU).

Muhammadiyah diketahui telah menetapkan tanggal 1 Ramadan 1443 Hijriah berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal, yakni pada Sabtu (2/4/2022).

Sementara itu, untuk NU dan Kementerian Agama (Kemenag) hingga saat ini belum mengumumkan kapan puasa Ramadan 2022 dimulai. 

Alasannya karena pengamatan hilal akan dilakukan pada 29 di kalender Hijriah dengan melakukan metode rukyatul hilal di 35 titik wilayah Indonesia. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga