112 Penumpang KM Lambelu Asal Buteng Bakal Rapid Test

Mutarfin, telisik indonesia
Rabu, 29 April 2020
0 dilihat
112 Penumpang KM Lambelu Asal Buteng Bakal Rapid Test
KM Lambelu saat sandar di Pelabuhan Maumere NTT. Foto: Repro BisnisNews.id

" Direncanakan semua penumpang KM Lambelu akan dirapid test. "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - 112 warga Buton Tengah (Buteng) eks penumpang KM Lambelu, dijadwalkan akan melaksanakan rapid test COVID-19.

Juru Bicara Penanganan COVID-19 Kabupaten Buteng, Kasman, mengungkapkan, pihaknya merencanakan rapid test bagi semua warga Buteng  eks penumpang KM Lambelu.

"Direncanakan semua penumpang KM Lambelu akan dirapid test," ungkapnya, Rabu (29/4/2020).

Ia menambahkan, ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab belajar dari pengalaman dari Kota Baubau, dua warganya dinyatakan positif COVID-19. Untuk mekanismenya, pihak Dinas Kesehatan akan berkoordinasi ke Puskesmas agar semua dapat terjangkau.

Baca juga: Dari Tak Ada Kasus, PDP COVID-19 Kota Kendari Bertambah Tiga Kasus

Diketahui, ada 112 warga Buteng menumpang KM Lambelu dan diturunkan di Pelabuhan Murhum Baubau pada 6 April 2020 lalu. Mereka tersebar di berbagai desa yang ada di Buteng.

Kata Kasman, 112 warga Buteng ini sebelumnya sudah melaksanakan isolasi mandiri selama 14 hari. Dan saat ini, waktu 14 hari itu sudah mereka lalui.

"Guna melakukan tindak pencegahan, kami akan tetap melaksanakan rapid test bagi mereka. Akan tetapi, disesuikan dengan kondisi alat. Apabila memungkinkan, semua bakal dirapid. Kalau alatnya terbatas, kita akan prioritaskan yang menunjukkan gejala dulu," tandasnya.

Perporter: Mutarfin

Editor: Rani

Baca Juga