12 Bahan Alami Ini Bisa Menghilangkan Jerawat

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 28 Maret 2024
0 dilihat
12 Bahan Alami Ini Bisa Menghilangkan Jerawat
Jerawat bisa diatasi dengan memanfaatkan bahan alami tertentu. Foto: Repro Freepik/Anton Dios

" Untuk mengatasi jerawat, banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan menggunakan bahan alami "

KENDARI, TELISIK.ID - Penyakit kulit yang seringkali dialami seseorang adalah jerawat. Hal ini bisa diatasi dengan berbagai cara, salah satu dengan bahan alami.

Pada umumnya, dikutip dari kemkes.go.id, jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang seringkali dijumpai di masa-masa pubertas, terutama saat perubahan hormon di dalam tubuh sedang aktif-aktifnya.

Jerawat sendiri menjadi salah satu penyebab mengapa seseorang kehilangan kepercayaan diri saat menggunakan riasan atau bahkan berjalan di tengah keramaian.

Beberapa kebiasaan seperti menggunakan produk pembersih wajah yang tidak cocok dengan jenis kulit, membiarkan riasan menempel di wajah sampai terbawa tidur atau karena perubahan hormon di usia remaja, terkadang menyebabkan jerawat menjadi lebih mudah muncul dan tidak sedikit yang meninggalkan bekas seperti noda hitam atau flek di kulit.

Untuk mengatasi jerawat ini banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan menggunakan bahan alami.

Melansir halodoc.com, berikut beberapa bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat:

1. Bawang putih 

Bawang putih mengandung zat sulfur yang memiliki sifat antiinflamasi. Zat ini dapat meredakan peradangan jerawat dan membantu mengurangi kemerahan, bengkak, dan rasa sakit yang ditimbulkan.

Caranya mudah, pertama-tama, potong bawang putih kecil-kecil. Kemudian, tempelkan pada jerawat atau bekasnya. Biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

2. Putih telur 

Di dalam putih telur memiliki kandungan enzim lysozyme. Jenis enzim ini bisa menyamarkan bekas jerawat kemerahan, mengangkat komedo dan menghaluskan tekstur wajah. 

Untuk menggunakannya, kamu bisa memisahkan putih telur dari kuningnya dan campur dengan air lemon.

Baca Juga: 5 Asupan Nutrisi Ini Harus Dipenuhi Busui saat Puasa

Aplikasikan pada wajah seperti masker, kemudian biarkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

3. Mentimun 

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami selanjutnya dapat kamu lakukan dengan mentimun. Di dalamnya mengandung antioksidan tinggi, vitamin, dan asam amino yang mampu menghilangkan serta menenangkan peradangan jerawat. 

Untuk mendapatkan khasiatnya, kamu bisa mengaplikasikan masker mentimun pada wajah selama 15 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.

4. Lidah buaya 

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi alami yang dapat mengurangi dan mencegah munculnya jerawat. Terdapat juga molekul gula, asam amino, dan seng, yang dapat melembapkan kulit.

Studi Efficacy of a new non-drug acne therapy: Aloe vera gel combined with ultrasound and soft mask for the treatment of mild to severe facial acne, yang dipublikasikan Frontiers in Medicine, menemukan bahwa penggunaan lidah buaya sebagai masker dapat mengurangi jumlah jerawat dan kulit kering.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Pertama-tama, bersihkan area yang berjerawat. Kemudian, oleskan gel lidah buaya tipis-tips dan biarkan 10-15 menit. Gunakan 2 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

5. Tomat 

Tomat mengandung vitamin A dan vitamin C yang dapat menghilangkan jerawat secara alami. Tak hanya memiliki zat antiinflamasi, buah ini juga efektif memperkecil ukuran pori-pori wajah.

Caranya dengan menempatkan potongan-potongan tomat ke seluruh wajah secara merata. Kemudian, biarkan selama 15 hingga 20 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

6. Air perasan lemon 

Lemon mengandung asam askorbat tinggi yang ampuh menghilangkan jerawat membandel. Kandungan tersebut memiliki antioksidan kuat yang membantu mencegah keparahan dan mempercepat proses penyembuhan.

Pertama-tama, bersihkan seluruh area wajah. Peras lemon dan aplikasikan airnya sebagai masker. Biarkan selama 10-15 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih. Pakai secara rutin untuk hasil yang maksimal.

7. Alpukat 

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami bisa kamu lakukan dengan mengaplikasikan alpukat sebagai masker wajah. Di dalamnya mengandung vitamin E yang bekerja mengurangi peradangan pada kulit.

Caranya dengan menghaluskan alpukat, lalu aplikasikan pada wajah sebagai masker. Kamu dapat mencampurnya dengan madu. Biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

8. Madu 

Madu memiliki sifat antibakteri alami karena mengandung hidrogen peroksida. Kandungan ini dapat membantu membunuh bakteri yang berperan dalam perkembangan jerawat, seperti Propionibacterium acnes. 

Untuk menggunakannya, bersihkan wajah terlebih dulu. Lalu oleskan madu ke seluruh bagian wajah. Biarkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

9. Cuka apel 

Cuka apel mengandung antiseptik alami yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Kamu bisa mengaplikasikannya menggunakan kapas dan biarkan selama 5 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Baca Juga: Berbuka Puasa dengan Air Kelapa Muda? Ini 7 Manfaatnya

Jangan membiarkannya terlalu lama menempel di kulit wajah. Sebab, cuka apel mengandung asam asetat yang dapat memiliki efek mengiritasi, dan merusak lapisan pelindung kulit.

10. Teh hijau

Teh hijau jadi cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami selanjutnya. Kandungan antioksidannya sangat tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi peradangan jerawat.

Untuk menghilangkan jerawat, kamu bisa mengonsumsi 1.500 mg ekstrak teh hijau per hari. Lakukan cara ini setiap hari selama 4 minggu berturut-turut. 

11. Minyak pohon teh

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami lainnya dapat dilakukan dengan menggunakan minyak pohon teh. Ini adalah minyak esensial yang diekstraksi dari daun Melaleuca alternifolia asal Australia.

Studi 2018 menemukan bahwa mengoleskan minyak pohon teh ke kulit dapat mengurangi jerawat. Khasiatnya jauh lebih baik dibandingkan dengan penggunaan benzoil peroksida.

Dengan minyak pohon teh, risiko kulit kering dan iritasi bisa diminimalisir. Minyak esensial ini juga dapat menjadi pengganti yang efektif untuk antibiotik topikal dan oral untuk pengobatan jerawat membandel.

12. Pepaya 

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit. Kelebihan minyak kulit dapat memperburuk masalah jerawat dengan menyumbat folikel rambut.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa menggunakan pepaya sebagai masker wajah alami. Pertama-tama, haluskan pepaya dan aplikasikan ke seluruh wajah. Biarkan 30 menit dan bilas dengan air.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang dapat membantu mengatasi jerawat. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga