Hindari Kebiasaan Ini, Sebabkan Sakit Punggung Bagian Bawah

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 02 Juni 2023
0 dilihat
Hindari Kebiasaan Ini, Sebabkan Sakit Punggung Bagian Bawah
Nyeri punggung bagian bawah sering dirasakan, hal ini disebabkan oleh banyak faktor termasuk karena kebiasaan yang buruk. Foto: Repro Id.theasianparent.com

" Salah satu hal terburuk yang mungkin Anda lakukan untuk kesehatan punggung bagian bawah adalah duduk terlalu lama "

KENDARI, TELISIK.ID - Sakit di area punggung bawah sering dirasakan oleh beberapa orang. Sakit tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor, umumnya disebabkan oleh cedera otot atau tendon.

Dilansir dari Liputan6.com, berikut kebiasaan yang membuat punggung bagian bawah sakit.

1. Duduk terlalu lama

Salah satu hal terburuk yang mungkin Anda lakukan untuk kesehatan punggung bagian bawah adalah duduk terlalu lama.

"Duduk terlalu lama sangat buruk untuk kesehatan tulang belakang," kata Matthew Chong, MD, seorang ahli bedah ortopedi di Cedars-Sinai Kerlan-Jobe Institute di Los Angeles.

Dia menjelaskan bahwa tulang belakang dirancang untuk menghabiskan sebagian besar waktunya dalam posisi memanjang, yang memungkinkan tubuh mengirimkan oksigen, darah, dan nutrisi secara efisien ke otot, tulang belakang, dan cakram di sekitarnya.

"Duduk di sofa, di tempat tidur, atau permukaan lunak lainnya untuk waktu yang lama, tulang belakang menjadi terkompresi dan menyusut dengan sendirinya," kata Chong kepada Best Life.

2. Stres

Saat Anda stres, serangkaian efek kesehatan dapat mengikuti. Perasaan sangat kuat dan dapat menyebabkan ketegangan otot yang signifikan, terutama pada otot punggung dan leher.

Depresi dan kecemasan dapat semakin memperparah ketegangan tersebut. Itulah mengapa penting untuk mendiskusikan emosi tertekan Anda dan gejala fisik apa pun yang mungkin Anda alami dengan dokter Anda.

Baca Juga: 7 Cara Ini Bisa Mengatasi Nyeri Punggung Tanpa Operasi

Jika Anda merasa sangat stres dan juga berjuang melawan sakit punggung, keduanya mungkin berhubungan.

3. Mengenakan sepatu jelek

Hal lain yang menyebabkan punggung bawah Anda sakit adalah mengenakan sepatu yang salah, yang bisa datang dalam berbagai bentuk dan gaya.

sepatu apa pun yang sudah tua, datar, atau tidak memiliki penyangga lengkung kaki yang memadai, dapat berkontribusi secara signifikan terhadap nyeri punggung bawah.

4. Memiliki postur tubuh yang buruk

Postur tubuh Anda juga dapat berdampak besar pada kesehatan punggung bawah Anda. Ada dua cara utama yang dapat membahayakan punggung Anda saat duduk. Membungkuk pasti berdampak buruk bagi punggungmu, tapi kebalikannya juga. Duduk tegak terlalu lama tanpa istirahat juga bisa menyebabkan ketegangan.

5. Tidur di kasur yang salah

Anda juga dapat membahayakan punggung bagian bawah saat berbaring jika Anda memiliki jenis kasur yang salah. Penderita sakit punggung justru bisa merasakan sakit yang lebih hebat jika kasurnya terlalu keras karena memberi tekanan lebih pada titik-titik berat seperti pinggul dan bahu.

Sebaliknya, kasur yang terlalu empuk bisa kekurangan dukungan yang diperlukan untuk memungkinkan gerakan yang tepat. Dalam kedua kasus tersebut, orang tersebut bangun dengan kaku dan kesakitan.

Baca Juga: Nyeri Punggung Akibat WFH? Lakukan 5 Langkah Mudah Ini untuk Mengatasinya

Dikutip dari Kompas.com, ada beberapa cara mengatasi sakit punggung bawah yang bisa dicoba, seperti:

1. Tetap melakukan aktivitas fisik dan menghindari berbaring di tempat tidur dalam waktu yang lama.

2. Mengonsumsi obat anti nyeri, seperti ibuprofen atau naproxen sesuai dengan dosis yang disarankan.

3. Mengompres area yang sakit dengan kompres dingin untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

4. Mengompres dengan kompres hangat untuk mengurangi kekakuan atau kram otot.

5. Melakukan olahraga dan gerakan peregangan yang baik untuk nyeri punggung bawah, seperti berjalan kaki, berenang, dan yoga. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga