14 Makanan Harian Terkontaminasi Senyawa Mikroplastik, Ancaman Kesehatan Tak Terlihat

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 03 Oktober 2024
0 dilihat
14 Makanan Harian Terkontaminasi Senyawa Mikroplastik, Ancaman Kesehatan Tak Terlihat
Mikroplastik dapat masuk ke rantai makanan melalui berbagai sumber, salah satunya adalah daging. Foto: Repro Istockphoto

" Studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa lebih dari 90 persen protein hewani dan nabati terkontaminasi mikroplastik "

KENDARI, TELISIK.ID - Mikroplastik menjadi ancaman mengintai kesehatan manusia. Tanpa disadari, makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari mengandung senyawa ini.

Studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa lebih dari 90 persen protein hewani dan nabati terkontaminasi mikroplastik.

Melansir CNBC Indonesia, Kamis (3/10/2024), para peneliti menemukan bahwa protein yang sering dikonsumsi seperti daging sapi, ayam, hingga alternatif daging nabati semuanya mengandung mikroplastik.

Ukuran partikel plastik tersebut bervariasi dari yang sangat kecil hingga yang lebih besar. Tidak hanya pada makanan hewani, beberapa jenis sayuran juga menyerap senyawa berbahaya ini melalui tanah.

Dari hasil penelitian, sayuran seperti wortel dan selada menunjukkan tingkat kontaminasi mikroplastik yang tinggi.

Telisikers, berikut daftar makanan yang mengandung mikroplastik:

Baca Juga: Tujuh Bahaya Tahan Bersin, Paling Parah Bikin Gendang Telinga Pecah

1. Daging ayam

2. Daging sapi

3. Daging babi

4. Nugget

5. Tahu

6. Selada

7. Wortel

8. Lobak

9. Apel

10. Teh celup

11. Garam himalaya

12. Gula

13. Nasi instan

14. Air minum kemasan

Bagaimana Mikroplastik Bisa Masuk ke dalam Makanan?

Proses masuknya mikroplastik ke dalam makanan cukup kompleks. Pada tanaman, plastik yang sangat kecil dapat diserap melalui akar dan akhirnya tersebar ke seluruh bagian tanaman, termasuk batang, daun, dan buah, seperti dikutip dari klikdokter.com.

Pada hewan, mikroplastik masuk melalui makanan dan lingkungan, kemudian tersimpan di jaringan tubuhnya, yang kemudian dikonsumsi manusia.

Mikroplastik juga bisa masuk melalui produk-produk sehari-hari yang digunakan manusia, seperti kantong teh dan garam.

Sebagai contoh, penelitian di Kanada menemukan bahwa satu kantong teh plastik dapat melepaskan hingga 11,6 miliar partikel mikroplastik ke dalam air seduhan. Selain itu, nasi instan juga mengandung plastik dengan jumlah yang bervariasi.

Setiap 100 gram nasi bisa mengandung hingga 13 miligram mikroplastik, terutama jika dikonsumsi dalam bentuk nasi instan.

Dampak Kesehatan dari Paparan Mikroplastik

Meski belum banyak penelitian mendalam mengenai dampak mikroplastik terhadap organ tubuh manusia, bukti awal menunjukkan adanya potensi bahaya.

Mikroplastik telah ditemukan di paru-paru, plasenta ibu, darah manusia, hingga ASI. Pada Maret 2024, sebuah studi menemukan bahwa mikroplastik di arteri leher dapat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan kematian dini.

Mikroplastik juga dapat membawa bahan kimia berbahaya yang digunakan dalam pembuatan plastik, yang kemudian masuk ke tubuh manusia. Efek dari bahan kimia tersebut terhadap kesehatan manusia masih menjadi fokus penelitian lebih lanjut.

Jenis Protein yang Mengandung Mikroplastik

Studi terbaru di Environmental Research pada Februari 2024 menemukan bahwa berbagai jenis protein, baik hewani maupun nabati, mengandung mikroplastik.

Baca Juga: Enam Metode Jalan Kaki Ampuh Bakar 100 Kalori, Musuh Perut Buncit

Protein hewani seperti udang yang dilapisi tepung roti mengandung mikroplastik paling banyak, dengan lebih dari 300 potongan per sajian.

Sementara itu, produk nabati seperti nugget nabati dan stik ikan nabati juga memiliki kandungan mikroplastik yang cukup tinggi.

Jenis protein yang paling sedikit terkontaminasi adalah dada ayam, diikuti oleh daging babi panggang dan tahu. Meski demikian, hampir semua protein hewani dan nabati yang diuji mengandung partikel mikroplastik dalam jumlah tertentu.

Buah dan Sayuran Juga Terkontaminasi

Penelitian lainnya di Environmental Science menunjukkan bahwa buah dan sayuran juga mengandung mikroplastik. Apel dan wortel merupakan yang paling terkontaminasi, dengan lebih dari 100.000 partikel mikroplastik per gram.

Selada, meski tingkat kontaminasinya lebih rendah, juga mengandung potongan plastik yang cukup besar. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga