Catat, Ini 3 Cara Alami Atasi Gigi Sensitif

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 18 September 2022
0 dilihat
Catat, Ini 3 Cara Alami Atasi Gigi Sensitif
Gigi sensitif dapat diatasi dengan menggunakan bahan alami. Foto: Repro klikdoter.com

" Beberapa bahan alami ternyata bisa mengurangi gigi sensitif "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah gigi yang cukup merusak mood saat makan adalah gigi sensitif. Kondisi ini pun juga berdampak pada aktivitas yang akan terganggu.

Dikutip dari alodokter.com, gigi sensitif merupakan sensasi ngilu dan nyeri pada gigi. Sensasi tersebut muncul sebagai respons terhadap sejumlah aktivitas pada gigi, misalnya ketika makan atau minum yang panas atau dingin.

Gigi sensitif dapat terjadi sementara atau dalam jangka panjang. Kondisi ini juga dapat terjadi pada satu atau beberapa gigi, bahkan semua gigi. Umumnya, gigi sensitif dapat diatasi dengan menangani penyebabnya.

Gigi memiliki beberapa lapisan. Gigi sensitif terjadi ketika dentin (lapisan tengah gigi) terbuka, dan terpapar rangsangan dari luar. Pembukaan dentin terjadi akibat lapisan terluar gigi, yaitu email atau enamel gigi, mengalami kerusakan.

Dentin memiliki saluran yang terhubung dengan saraf. Oleh karena itu, jika dentin terekspos dan mendapatkan rangsangan dari luar, seperti terkena makanan atau minuman yang panas atau dingin, gigi sensitif dapat terjadi.

Olehnya itu penting penderita gigi sensitif mengetahui cara untuk mengatasi sakit satu ini.

Melansir kompas.com dari berbagai sumber, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gigi sensitif secara alami:

1. Minyak kelapa atau minyak wijen

Salah satu cara untuk mengatasi gigi sensitif adalah dengan berkumur menggunakan minyak kelapa atau minyak wijen.

Baca Juga: 5 Pilihan Menu Sarapan Pagi bagi Penderita Maag

Melansir Medical News Today, cara ini sudah digunakan sejak lama di India sebagai salah satu pengobatan tradisional.

Cara ini juga sudah diteliti oleh beberapa ahli dan salah satunya adalah penelitian dari India di dalam Indian Journal of Dental Research pada tahun 2009.

Penelitian ini melibatkan 20 laki-laki dewasa yang mengalami gingivitis, atau radang gusi, akibat plak yang juga menjadi penyebab gigi sensitif.

10 partisipan di dalam penelitian tersebut kemudian diminta untuk berkumur menggunakan cara ini dan 10 lainnya menggunakan obat kumur.

Hasilnya, 10 orang yang berkumur menggunakan minyak kelapa atau minyak wijen menunjukkan pengurangan indeks plak serta gejala gingivitis atau radang gusi yang dialami.

Selain bermanfaat untuk gigi sensitif, cara ini cukup mudah untuk dilakukan karena Anda hanya perlu berkumur menggunakan minyak kelapa atau minyak wijen dalam beberapa menit.

2. Bawang putih

Bawang putih sudah dipercaya sebagai salah satu obat tradisional untuk berbagai penyakit, termasuk sakit gigi.

Menurut penelitian yang dimuat dalam Journal of Medicinal Food pada tahun 2011, mengunyah bawang bisa memproduksi senyawa yang dinamakan allicin.

Senyawa ini bisa membunuh bakteri-bakteri jahat di dalam mulut yang mengakibatkan penyakit gigi, termasuk bakteri Streptococcus mutans.

Melansir Medical News Today, penumpukan bakteri S. mutans pada gigi dan gusi akan membuat kerusakan gigi yang juga akan memperparah sensitivitas gigi.

Dengan membunuh bakteri ini, maka gigi sensitif tidak akan bertambah parah.

3. Air garam

Berkumur dengan menggunakan air garam juga bisa membunuh bakteri jahat di dalam mulut dan akan meningkatkan kesehatan mulut.

Baca Juga: Ini Cara Benar dan Sehat Berjemur di Bawah Matahari

Melansir Healthline, garam sendiri merupakan antiseptik yang paling efektif dan berguna untuk mengurangi peradangan.

Penelitian dari India yang terbit dalam Journal of Indian Society of Pedodontics and Preventive Dentistry juga menemukan bahwa berkumur dengan menggunakan air garam bisa mengurangi plak gigi.

Cara mengatasi gigi sensitif secara alami yang satu ini juga cukup mudah.

Anda hanya perlu berkumur menggunakan campuran setengah sendok teh garam dengan 250 ml air setiap dua kali sehari untuk mengurangi gejala gigi sensitif.

Nah, itulah beberapa cara mudah untuk mengurangi gejala gigi sensitif yang bisa dilakukan di rumah. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga