1.444 Personel Gabungan Diterjunkan Amankan Malam Pergantian Tahun di Kota Kendari

La Ode Muh Martoton, telisik indonesia
Sabtu, 31 Desember 2022
0 dilihat
1.444 Personel Gabungan Diterjunkan Amankan Malam Pergantian Tahun di Kota Kendari
Jelang malam pergantian tahun baru 2023 di Kota Kendari, 1.444 personil gabungan TNI-Polri dan pemerintah diterjunkan dalam pengamanan. Foto: Ist.

" Sebanyak 1.444 personil gabungan TNI-Polri dan pemerintah diterjunkan dalam pengamanan malam pergantian tahun baru 2023 di Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 1.444 personil gabungan TNI-Polri dan pemerintah diterjunkan dalam pengamanan malam pergantian tahun baru 2023 di Kota Kendari.

Kapolresta Kendari, Kombes Pol Eka Faturrahman mengatakan, pelaksanaan pengamanan pergantian tahun 2023, bisa memberikan rasa aman kepada masyarakat.

"Jumlah personil yang terlibat pengamanan malam pergantian tahun baru 2023, sebanyak 1.444 personil gabungan TNI-Polri dan Pemerintah Kota Kendari," kata Kombes Pol Eka Faturrahman, Sabtu (31/12/2022).

Baca Juga: Ini Tempat Wisata Keren Habiskan Libur Tahun Baru

Untuk pengalihan arus kemacetan menjelang pergantian malam tahun baru, Polresta Kendari juga sudah menetapkan beberapa titik menjadi wilayah pengalihan arus lalu lintas, di sejumlah titik yang diprediksi terjadi kepadatan kendaraan.

Titik kemacetan itu terbagi lima, yakni depan Mall The Park dan Jalan Kendari Beach. Untuk mengantisipasi hal kemacetan itu Polres Kendari telah menyiapkan pengalihan arus kendaraan.

"Khusus untuk di Kendari Beach arus kendaraan yang dari Kemaraya atau dari pasar pelelangan ikan akan dibuat satu arah sampai di SPBU Teratai," bebernya.

Untuk jalur sebaliknya kata Eka, di depan hotel Claro akan dialihkan masuk ke jalan protokol kota. Sedangkan jalan Kendari Beach akan ditutup.

"Jalan di Kendari Beach digunakan untuk pejalan kaki dan pedagang kaki lima," tambahnya.

Sementara pengalihan arus seperti di kawasan Eks MTQ Kendari akan diadakan penutupan jalan yakni di Jalan Abd Silondae.

Wakil Direktur Satlantas (Wadirlantas) Polda Sultra, AKBP Yulianto belum lama ini mengatakan, Polda Sultra bakal melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah titik, khususnya di Kota Kendari.

“Pasti ada rekayasa lalu lintas, pemetaan ada sejumlah titik jalan yang diperkirakan akan alami kedapatan saat malam pergantian tahun nanti,” ujar Yulianto.

Yulianto menambahkan, rekayasa lalu lintas itu masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: Penjual Terompet dan Petasan Raup Untung Jutaan Rupiah Jelang Pergantian Tahun

“Masih akan sama dengan tahun-tahun sebelumnya cuman malam pergantian tahun ini itu akan lebih diperketat, sebab akan ada penambahan personil gabungan untuk mengantisipasi jumlah kendaraan pada malam pergantian tahun,” ucapnya.

Sementara Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu juga mengatakan, terkait masalah kejahatan yang akan timbul dalam pergantian malam tahun baru, harus diwaspadai.

"Seperti soal kemacetan, kecelakaan lalulintas di jalan, hal ini dapat kita minimalisir dengan melakukan rekayasa. Selain itu kejahatan konvensional harus juga diwaspadai karena berdasarkan analisis dan evaluasi tahun 2021, kejahatan yang paling tinggi terjadi pada bulan Desember," pungkasnya. (A)

Penulis: La Ode Muh Martoton

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga