16 BTS Akan Dibangun di Butur

Laode Yus Asman, telisik indonesia
Rabu, 24 Maret 2021
0 dilihat
16 BTS Akan Dibangun di Butur
Jaringan telekomunikasi seluler sebentar lagi akan hadir di wilayah terisolir di Buton Utara. Foto: Repro Google.com

" Saya meminta kepada seluruh komponen masyarakat Kabupaten Butur untuk terus berdoa agar di masa kepemimpinan kami, pemerintah pusat merestui segala program yang kita usulkan demi kemajuan daerah Butur Lipu Tinadea Kono Sara. "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Keluhan masyarakat Buton Utara (Butur) terkait akses jaringan seluler, akhirnya terjawab.

16 BTS akan dibangun di 6 kecamatan yang akses jaringan selulernya tidak ada sama sekali. Base Transceiver StationĀ (BTS) adalah sebuah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara peranti komunikasi dan jaringan operator.

Kepastian itu diketahui setelah Bupati Butur Ridwan Zakariah beberapa hari yang lalu melakukan kunjungan kerja di Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta.

Setelah Bupati Butur, disusul Wakil Bupati Butur Ahali, SH. MH bersama Kepala Dinas Komunikasi dan informatika (Kominfo) Butur Kadim, SE, melanjutkan komunikasi secara detail, menindaklanjuti hasil lobi Bupati Butur.

Ahali mengungkapkan, tepatnya pada hari Senin tanggal 22 Maret 2021, Kadis Kominfo Butur bersama rombongan sudah bertemu dengan Latifa Hanum dari Divisi Layanan Teknologi Informasi untuk Pemerintah di Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), sekaligus menyerahkan proposal usulan BTS dan jaringan internet.

Baca juga: Enam Mahasiswa Diamankan Polisi, Kongres HMI XXXI di Surabaya Ricuh

Wakil Bupatil melalui WhatsApp, Selasa (23/3/2021), mengungkapkan, pihak Kementerian Kominfo melalui Latifa Hanum telah memastikan bahwa Buton Utara sudah masuk dalam perencanaan jaringan telepon yang akan dibangun di tahun 2021.

Adapun titik yang akan dibangun, berlokasi di Kecamatan Kambowa 3 BTS, Bonegunu 5 BTS, Kulisusu Utara 6 BTS, Kulisusu Barat 1 BTS dan Kecamatan Wakorumba Utara 1 BTS, total semua 16 BTS.

"Saya meminta kepada seluruh komponen masyarakat Kabupaten Butur untuk terus berdoa agar di masa kepemimpinan kami, pemerintah pusat merestui segala program yang kita usulkan demi kemajuan daerah Butur Lipu Tinadea Kono Sara," harapnya.

Senada dengan itu Kadis Kominfo Kadim, SE, mengungkapkan, hanya dalam jangka waktu singkat setelah pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Butur yang belum genap 30 hari, sudah memberikan hasil yang maksimal yaitu persetujuan pemerintah pusat untuk.membangun 16 BTS di daerah yang belum terjangkau akses telekomunikasi.

Ini adalah jawaban dari keluhan masyarakat Butur yang selama ini tinggal di wilayah yang belum tersentuh jaringan telekomunikasi seluler. (B)

Reporter: La Ode Yus Asman

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga