2 Amalan yang Menjamin Masuk Syurga, Mudah Tapi Sedikit yang Amalkan

Irawati, telisik indonesia
Selasa, 22 Maret 2022
0 dilihat
2 Amalan yang Menjamin Masuk Syurga, Mudah Tapi Sedikit yang Amalkan
Orang yang senantiasa beramal saleh akan mendapatkan kehidupan yang baik. Foto: Repro Akurat.co

" Ada dua amalan yang menjamin kita masuk surga. Dan orang yang tidak mengamalkan dua amalan tersebut, termasuk orang yang rugi "

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap perbuatan yang dilakukan oleh manusia pasti akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak. Untuk itu, sebagai seorang Muslim, sudah sepatutnya mengerjakan amal kebajikan atau beramal saleh.

Secara bahasa, "amal" berasal dari bahasa Arab yang berarti perbuatan atau tindakan. Sedangkan, "saleh" berarti yang baik atau yang patut. Menurut istilah, "amal saleh" ialah perbuatan baik yang memberikan manfaat kepada pelakunya, di dunia dan balasan pahala yang berlipat di akhirat.

Mengutip dari detik.com, amal saleh merupakan bekal hidup baik di dunia maupun di akhirat. Allah SWT telah menjanjikan surga-Nya untuk orang-orang yang senantiasa beriman dan beramal saleh. Sebagaimana termaktub dalam Al-Qur'an Surah Ibrahim ayat 23 sebagai berikut:

Artinya: "Dan dimasukkanlah orang-orang yang beriman dan beramal saleh ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya dengan seizin Tuhan mereka. Ucapan penghormatan mereka dalam surga itu ialah "salam." (QS. Ibrahim: 23).

Selain itu, dalam Qur'an Surah An-Nahl ayat 97 juga dijelaskan bahwa, orang yang senantiasa beramal saleh akan mendapatkan kehidupan yang baik.

Artinya: "Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman. Maka, sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan." (QS. An-Nahl: 97).

Melansir dari pikiran-rakyat.com, Syekh Ali Jaber mengatakan, ada dua amalan yang menjamin kita masuk surga. Dan orang yang tidak mengamalkan dua amalan tersebut, termasuk orang yang rugi.

Baca Juga: 6 Perkara yang Dapat Menggerogoti Amal Kebaikan, Apa Saja?

Berikut adalah penjelasan Syekh Ali Jaber mengenai 2 amalan yang menjamin masuk surga, dikutip portaljember.com dari YouTube Hazida TV yang diunggah 16 Agustus 2021. Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh dua amalan ini sangat mudah, tetapi yang mengamalkannya sedikit."

"Sampai sahabat pun terkejut. Aneh ya, kok mudah tapi sedikit yang mengamalkan. Justru mudah semestinya banyak yang mengamalkan," jelas Syekh Ali Jaber.

Karena dua amalan tersebut mudah, tapi mengapa yang mengamalkan sedikit? Sampai sahabat pun bertanya kepada Rasulullah SAW.

Berikut adalah 2 amalan yang menjamin masuk surga mudah, tetapi sedikit yang mengamalkan.

1. Dalam 5 waktu salat ucapkan Ini sebanyak 10 kali

Rasulullah SAW bersabda, "setelah salat ucapkan: Subhanallah 10 kali, Alhamdulillah 10 kali, dan Allahu Akbar 10 kali."

"Kata Rasulullah SAW dalam ucapan 150. Tapi ditimbangan disisi Allah SWT sebagai pahala 1.500. Sekarang orang bertanya, tadi saya bilang apa, Subhanallah 10 kali, Alhamdulillah 10 kali, dan Allahu Akbar 10 kali. Tapi mengapa Rasulullah SAW bilang total 150? Semestinya total 30.30 satu kali, lima waktu 150. Berarti yang dimaksud Rasulullah SAW dalam ucapan dalam 5 waktu salat," jelas Syekh Ali Jaber.

Dengan mengucap Subhanallah 10 kali, Alhamdulillah 10 kali, dan Allahu Akbar 10 kali, selama 5 waktu salat, kita akan dapatkan 1.500 timbangan di buku amal.

2. Ketika mau tidur ucapkan ini

Rasulullah SAW bersabda, "Ketika mau tidur baca Subhanallah 33 kali, Alhamdulillah 33 kali, dan Allahuakbar 34 kali." Syekh Ali Jaber mengatakan, dalam lisan sebanyak 100, tetapi dalam timbangan di sisi Allah 1.000.

Baca Juga: Bulan Terbelah, Dahsyatnya Mukjizat Rasulullah SAW

Begitu besar keutamaan yang di dapatkan dari mengamalkan 2 amalan tersebut. Mudah untuk di amalkan tapi, sedikit yang bisa mengamalkannya.

Semoga kita bisa secara istiqamah mengamalkannya ketika selesai salat dan hendak akan tidur, dengan begitu kita akan terlatih dengan sendirinya. (C)

Reporter: Irawati

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga