2021, UHO Pertama Kalinya Tiadakan Wisuda di Januari

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 19 Januari 2021
0 dilihat
2021, UHO Pertama Kalinya Tiadakan Wisuda di Januari
Rektorat UHO. Foto: Ist.

" Pastinya kami butuh penyesuaian dengan sesuatu hal yang baru, karena penerapan PIN ini harus betul-betul dilakukan secara teliti. Sebab ini menyangkut data dari mahasiswa kami. Untuk itu, kita sedang bekerja secara maksimal, agar tidak terjadi kesalahan dalam menginput data mahasiswa. "

KENDARI, TELISIK.ID - Untuk pertama kalinya Universitas Halu Oleo (UHO) tidak menyelenggarakan wisuda pada bulan Januari pada tahun 2021 ini.

Sejatinya UHO selalu menyelenggarakan acara wisuda empat kali dalam setahun, yaitu di bulan Januari, April, Juli, dan Oktober. Namun di tahun ini, untuk pertama kalinya kampus hijau tersebut akan menyelenggarakan wisuda sebanyak tiga kali saja, dengan  meniadakan wisuda di bulan Januari. Hal ini dilakukan dalam rangka persiapan Penomoran Ijazah Nasional (PIN).

Wakil Rektor I UHO, Dr. La Hamimu, MT mengungkapkan, pelaksanaan wisuda di tahun 2021 memang sedikit berbeda. Hal ini dilakukan karena munculnya berbagai aspek, yang pastinya dengan menginginkan sebuah peningkatan mutu lembaga menjadi lebih baik.

"Sebenarnya pelaksanaan wisuda di bulan Januari ini kami sudah rangkul di bulan Desember lalu. Hanya saja mahasiswa beranggapan akan ada di bulan ini, kami tegaskan untuk di bulan Januari 2021 ini pelaksanaan wisuda ditiadakan, nanti akan dilakukan pada akhir bulan April mendatang. Ini dilakukan untuk mempersiapkan berbagai akses data mahasiswa untuk penerapan PIN, dan ini menjadi target agar bisa diterapkan pada wisudawan di bulan empat nanti," ungkap La Hamimu, Senin (18/1/2021).

Baca juga: Dikbud Konawe Pastikan Belajar Tatap Muka Bulan Februari

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, penerapan PIN ini dibutuhkan sebuah proses yang tidak mudah, karena seluruh data mahasiswa akan diinput semua dari semester satu sampai akhir, dan pastinya ini akan membutuhkan proses yang panjang, karena ini dilakukan untuk pertama kalinya.

"Pastinya kami butuh penyesuaian dengan sesuatu hal yang baru, karena penerapan PIN ini harus betul-betul dilakukan secara teliti. Sebab ini menyangkut data dari mahasiswa kami. Untuk itu, kita sedang bekerja secara maksimal, agar tidak terjadi kesalahan dalam menginput data mahasiswa," ujarnya.

Terkait pelaksanaan wisuda di bulan April mendatang, untuk prosesnya itu akan sama saja pada bulan Desember tahun lalu, yaitu dilaksanakan secara online dan offline, untuk meminimalisir penyebaran pandemi COVID-19.

"Yah untuk prosesnya itu akan sama saja dengan yang kemarin-kemarin, karena belum ada tanda-tanda pandemi COVID-19 akan mereda, sehingga kami akan tetap melaksanakan secara offline bagi mereka wisudawan terbaik, dan sisanya melaksanakan secara online di tempat masing-masing," pungkasnya. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga