adplus-dvertising

3 Cara Alami Atasi Kadar Kolesterol Naik

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 24 Januari 2023
164 dilihat
3 Cara Alami Atasi Kadar Kolesterol Naik
Kolesterol tinggi adalah kondisi ketika seseorang memiliki terlalu banyak zat lemak dalam darah. Foto: klikdokter.com

" Salah satu penyakit yang seringkali dialami baik pria maupun wanita adalah kolesterol naik. Ketika mengalami ini, jangan anggap sepele tapi lakukan cara yang bisa menurunkan kadar kolesterol "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu penyakit yang seringkali dialami baik pria maupun wanita adalah kolesterol naik. Ketika mengalami ini, jangan anggap sepele tapi lakukan cara yang bisa menurunkan kadar kolesterol.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, kolesterol merupakan suatu komponen tipe sterol (lemak) yang dapat ditemukan di kebanyakan jaringan tubuh.

Kolesterol dan turunannya merupakan komponen penting dari membrane sel dan merupakan prekursor dari komponen-komponen steroid. Namun, peningkatan salah satu jenis kolesterol yaitu low-density lipoprotein (LDL) dikaitkan dengan naiknya risiko penyakit jantung koroner.


Kolesterol tinggi adalah kondisi ketika seseorang memiliki terlalu banyak zat lemak dalam darah. Terlalu banyak kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah yang menempatkan seseorang pada masalah jantung atau stroke.

Baca Juga: 6 Strategi Jitu Mengubah Hobi Menjadi Profesi Penghasil Uang

Ketika mengalami kolesterol naik, jangan anggap sepele tapi lakukan cara yang bisa menurunkan kadar kolesterol tersebut.

Melansir yoursay.id dari laman situs Health Line, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol:

1. Perbanyak Olahraga

Olahraga bagus untuk meningkatkan kebugaran, mengurangi obesitas, meningkatkan kolesterol baik dalam darah. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah olahraga aerobik selama 150 menit satu minggu.

Pada dasarnya semua jenis olahraga baik untuk meningkat kesehatan jantung asalkan sesuai dengan kemampuan tubuh. Semakin lama dan intens olahraga, semakin banyak manfaat yang bisa diambil.

2. Konsumsi Makanan Mengandung Lemak Tak Jenuh Tunggal 

Secara keseluruhan, lemak tak jenuh tunggal dapat menurunkan kolesterol jahat yang berbahaya bagi kesehatan, dapat mengurangi oksidasi yang membahayakan, dan meningkatkan kolesterol baik.

Makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal di antaranya adalah macadamia, kacang almon, kacang mete, minyak canola, alpukat, zaitun, dan selai kacang.

3. Mengonsumsi Serat Larut

Serat larut merupakan sekelompok senyawa yang berbeda yang ada pada tumbuhan larut dalam air dan tidak bisa dicerna manusia. Namun, bakteri baik yang disebut probiotik yang hidup di usus dapat mencernanya.

Baca Juga: 7 Cara Alami Membuat Masker Rambut di Rumah

Penelitian menunjukkan bahwa biji-bijian mengandung serat larut dalam jumlah besar yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan mampu mengontrolnya.

Beberapa contoh dari makanan yang mengandung serat larut terbaik adalah kubis Brussel, kacang polong, lentil, biji rami, buah-buahan, sereal gandum, dan suplemen psyllium.

Nah, itulah beberapa cara menurunkan kadar kolesterol yang bisa kamu lakukan secara alami. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga