6 Strategi Jitu Mengubah Hobi Menjadi Profesi Penghasil Uang

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 23 Januari 2023
0 dilihat
6 Strategi Jitu Mengubah Hobi Menjadi Profesi Penghasil Uang
Untuk bisa mewujudkan hobi jadi sumber penghasilan kita perlu melakukan berbagai strategi. Foto: freepik

" Salah satu yang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan adalah hobi. Untuk bisa mewujudkan hobi jadi sumber penghasilan ini, kita perlu melakukan berbagai strategi "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu yang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan adalah hobi. Untuk bisa mewujudkan hobi jadi sumber penghasilan ini, kita perlu melakukan berbagai strategi.

Jika melakukan suatu pekerjaan yang disukai dan didasari dengan passion tentu pekerjaan yang sebenarnya berat untuk dilakukan, akan terasa lebih ringan.

Ya, karena dengan kamu menyukai kegiatan tersebut, kamu akan merasa senang dan tidak akan bosan untuk melakukannya. Hal tersebut bisa kamu rasakan ketika kamu mampu mengubah hobi dan minat menjadi sumber penghasilan.

Baca Juga: 7 Cara Alami Membuat Masker Rambut di Rumah

Melansir finansialku.com dan ojk.go.id, berikut beberapa strategi untuk mengubah hobi menjadi profesi yang menghasilkan uang:

1. Berkumpul dalam Forum dan Komunitas

Bertemu dengan banyak orang, menerima kritik, saran, dan berdiskusi dengan orang lain juga memperluas wawasan dan pengetahuan tentang banyak hal.

Anda bisa menggabungkan kritik, saran, solusi, analisis serta pengalaman orang lain sebagai bahan untuk mengimprovisasi karya.

Bukan hanya itu, cobalah untuk bergabung bersama forum atau komunitas pebisnis atau seniman yang melakukan pekerjaannya secara profesional. Jadi, ada banyak lahan untuk berbagi cerita dan ide kreatif sehingga kemampuan pun semakin terasah untuk keperluan profesionalisme.

2. Menerima Kritik, Saran dan Koreksi

Banyak orang yang menjalankan bisnisnya secara lancar tetapi tidak mau mendengarkan kritikan dan masukan dari orang lain. Padahal kritikan dan saran dari teman dekat atau saudara kita itu penting.

Strategi ini sangat bisa untuk diterapkan. Mintalah pendapat serta saran untuk karya Anda, ini bertujuan untuk mengimprovisasi karya Anda. Karena biasanya saran dan pendapat dari teman bisa sesuai dengan permintaan pasar atau permintaan calon konsumen.

Jangan takut untuk menerima kritik dan saran, karena dari kritik dan saran Anda bisa terus mengembangkan kreativitas.

Dengarkan pendapat dan saran yang membangun. Biasanya ada juga yang memberi pendapat dan saran, tapi bersifat menjatuhkan. Jangan dengarkan mereka, cukup ambil hal yang bisa bermanfaat untuk terus berkarya.

3. Lakukan Inovasi

Inovasi adalah hal yang sangat penting dalam memulai segala jenis pekerjaan. Misalkan Anda mempunyai hobi menggambar atau desain.

Kegemaran yang satu ini sangat memungkinkan Anda untuk menghasilkan uang saku lebih, karena industri kreatif membutuhkan banyak orang yang bisa desain. Jadi hobi ini bisa Anda gunakan untuk mata pencaharian tambahan.

Anda bisa melakukan desain di aplikasi seperti Photoshop atau Coreldraw, lalu dicetak sebagai card atau lukisan untuk pajangan.

Buatlah desain yang sedang hype atau diminati pasar. Untuk mencari inspirasi desain, Anda bisa menggunakan media sosial seperti Instagram, Pinterest ataupun Tumblr. Desain tersebut juga bisa diaplikasikan menjadi sepatu, tote bag, t-shirt maupun topi. Lalu Anda dapat memasarkannya via sosial media.

Dengan inovasi Anda juga bisa membangun brand image atau karakter sendiri. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk terplagiasi. Satu lagi yang pasti, inovasi tidak akan pernah berakhir untuk industri yang membutuhkan kreativitas.

4. Konsisten dan Persisten

Untuk Anda yang ingin menjadikan hobi sebagai bisnis kunci yang lainnya adalah konsisten dan persisten.

Jangan mudah menyerah, dan terus menjalankan hobi Anda walaupun penghasilannya bisa dibilang belum terlalu banyak. Misalkan jika Anda memiliki hobi memasak dan ingin membuat bisnis catering bisa saja di masa depan usaha ini akan laku keras di pasaran.

Pertama yang harus Anda lakukan adalah meningkatkan kemampuan analisis untuk  membaca kemauan pasar. Tentukan pasar yang ingin Anda tuju, lalu sesuaikan harga masakan Anda dengan kebutuhan pasar.

Hal yang terpenting dalam bisnis, misalnya catering maka Anda harus konsisten terhadap kualitas masakan dari segi rasa, bahan masakan dan harga. Biarlah harga catering Anda sedikit lebih mahal, tapi kualitas yang Anda tawarkan juga tidak sembarangan.

Anda juga bisa melakukan trial dengan membagikan masakan Anda ke beberapa teman atau saudara Anda, hal ini akan menarik calon konsumen.

Jadi setiap menjalankan hobi bisnis perlu diingat juga untuk tetap konsisten dan persisten, karena itu merupakan motivasi internal yang sangat penting.

5. Melakukan riset pasar

Setelah kamu menentukan hobi maupun keahlian yang memiliki peluang untuk dijadikan usaha (sumber penghasilan baru), lakukan survei dan riset terlebih dahulu untuk menemukan barang/jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Lakukan analisa secara lengkap untuk membuktikan bahwa produk yang akan kamu tawarkan telah dipikirkan dengan baik dan memiliki potensi untuk diterima di pasar.

Baca Juga: 8 Pilihan Makanan Pelancar Haid yang Perlu Wanita Ketahui

Selain itu, riset tersebut bisa membantumu dalam menentukan kebutuhan konsumen saat ini, harga produk yang akan ditawarkan serta strategi marketing yang akan dilakukan.

6. Menyusun rencana bisnis

Susunlah rencana bisnis tentang peluang usaha yang dapat kamu eksekusi segera. Setelah kamu tentukan hobi yang bisa menghasilkan uang, analisis peluang pasarnya,  tentukan strategi pemasaran, dan tentukan harga produkmu.  

Selain itu, pastikan kembali sumber permodalan untuk memulai usaha tersebut, analisis waktu kembali modalnya (break event point) apalagi jika kamu pakai sumber modal dari pinjaman lembaga keuangan, dan tentukan kapan kamu akan mulai usaha tersebut.

Nah, itulah beberapa strategi yang Telisikers bisa lakukan untuk mengubah hobi menjadi sumber penghasilan. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga