3 Tips Hilangkan Sifat Pemalu yang Berlebihan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 20 September 2022
0 dilihat
3 Tips Hilangkan Sifat Pemalu yang Berlebihan
Penyandang rasa malu secara alami ingin menyembunyikan diri dari orang lain karena perasaan tidak nyaman jika perbuatannya diketahui oleh orang lain. Foto: Repro Freepik

" Rasa malu yang berlebihan cukup mengganggu dan bahkan menghilangkan rasa percaya diri "

KENDARI, TELISIK.ID - Rasa malu memang dibutuhkan dalam hidup ini, mengingat malu merupakan salah satu bentuk emosi manusia.

Pada umumnya, dikutip dari wikipedia, penyandang rasa malu secara alami ingin menyembunyikan diri dari orang lain karena perasaan tidak nyaman jika perbuatannya diketahui oleh orang lain.

Hal ini baik sebab juga merupakan anjuran dalam agama bahwa rasa malu itu akan mendatangkan kebaikan.

Namun rasa malu yang berlebihan cukup mengganggu dan bahkan menghilangkan rasa percaya diri.

Melansir yoursay.id, berikut beberapa cara untuk mengatasi rasa malu yang berlebihan agar tidak sampai mengganggu, apalagi sampai menghilangkan rasa percaya diri:

Baca Juga: Ini 5 Persamaan Kucing dan Harimau

 1. Sugesti bahwa kamu tidak malu

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menghilangkan rasa malu yang berlebihan adalah dengan mensugesti pikiranmu. Teruslah berpikir bahwa kamu tidak malu melakukan apa pun selama hal tersebut bukanlah hal yang salah.

Dengan sugesti ini, lama kelamaan di dalam pikiranmu akan tertanam pola tersebut, sehingga rasa malu itu akan memudar dengan sendirinya.

2. Turunkan ekspektasi

Terkadang, orang merasa malu karena dia memiliki ekspektasi yang berlebihan terhadap dirinya sendiri. Akibatnya, saat ekskpektasi tak sesuai kenyataan, orang tersebut merasa malu pada orang lain dan menutup diri.

Jadi, dengan menyadari bahwa setiap orang memiliki kekurangan, akan membantumu mengurangi rasa malu yang berlebihan tersebut. Turunkan juga ekspekstasi dan terima dirimu apa adanya bagaimanapun keadaannya untuk memperkuat rasa percaya dirimu.

Baca Juga: 4 Alasan Gairah Seksual Seseorang Meningkat

 3. Konsisten untuk berusaha tidak malu

Pada awalnya, kamu dapat berpura-pura untuk tidak malu. Meskipun akan tampak canggung, namun lama kelamaan kamu akan terbiasa berhadapan dengan orang lain dan rasa malumu yang berlebihan tersebut akan memudar.

Selain itu, untuk menghilangkan malu, memang diperlukan konsistensi untuk menjadi terbiasa.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika kamu ingin hilangkan sifat pemalu yang berlebihan. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga