Seks Bebas Bisa Picu Kanker Serviks, Kenali Gejalanya

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 14 Mei 2023
0 dilihat
Seks Bebas Bisa Picu Kanker Serviks, Kenali Gejalanya
Kanker serviks salah satunya dipicu dari hubungan seks yang tidak sehat, anda bisa mengenali penyakit ini melalui beberapa gejalanya. Foto: Pfimegalife.com

" Kanker serviks salah satunya dipicu oleh perilaku seks yang tidak sehat seperti seks bebas yang berganti-ganti pasangan. Kanker tersebut disebabkan oleh virus HPV (Human Papillomavirus) "

KENDARI, TELISIK.ID - Kanker serviks salah satunya dipicu oleh perilaku seks yang tidak sehat seperti seks bebas yang berganti-ganti pasangan. Kanker tersebut disebabkan oleh virus HPV (Human Papillomavirus).

Dilansir dari Liputan.com, hingga kini, kanker serviks masih menjadi salah satu jenis kanker yang telah menyerang banyak wanita di seluruh dunia. Data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan bahwa kasus kanker serviks di Indonesia menempati urutan kedua dalam daftar kasus kanker terbanyak.

Angkanya mencapai 9,2 persen dari total kasus kanker yang ada di Indonesia. Pada kanker serviks, sel-sel kanker tumbuh di area leher rahim sehingga sering pula disebut kanker leher rahim.

Meski kasus kanker serviks tinggi di Indonesia, sayangnya masih belum banyak orang yang bisa mencegah penyakit ini. Dan sering kali pasien datang ke penyedia layanan kesehatan ketika kanker sudah tumbuh besar atau bahkan telah menyebar ke organ lain.

Baca Juga: Christian Sugiono Diisukan Selingkuh, Nama Selebgram Ini Terseret

Dikutip dari Health.detik.com, berikut beberapa kanker serviks yang perlu diwaspadai:

1. Pendarahan Vagina

Mengutip dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pendarahan vagina yang ekstrim di antara siklus menstruasi dan pendarahan setelah menopause dapat menjadi gejala dan tanda dari kanker serviks.

Selain itu, pendarahan juga bisa terjadi saat melakukan hubungan seksual. Pada tahap awal kanker serviks, kemungkinan gejala ini tidak muncul dan akan menjadi parah saat kanker serviks telah memasuki stadium lanjut.

2. Keputihan Abnormal

Keputihan yang tidak normal bisa jadi menjadi tanda awal kanker serviks. Keputihan sendiri merupakan kondisi normal yang dialami wanita saat memasuki usia subur. Keputihan yang normal umumnya berwarna bening atau sedikit kekuningan, tidak berbau menyengat, dan tidak keluar dalam volume yang berlebihan.

Keputihan yang tidak normal akan mengalami perubahan warna, memiliki aroma yang tidak sedap atau menyengat, dan perubahan tekstur dan konsistensi cairan vagina. Keputihan yang tidak normal juga bisa jadi disebabkan oleh penyakit atau infeksi yang lain sehingga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

3. Nyeri Saat Berhubungan Seksual

Rasa nyeri yang dirasakan saat berhubungan intim biasanya mulai dirasakan saat memasuki stadium lanjut. Rasa nyeri juga bisa disertai oleh pendarahan yang terjadi di area vagina. Gejala diatas bisa jadi merupakan gejala kanker serviks.

Namun, gejala yang dirasakan bisa jadi merupakan gejala yang disebabkan oleh penyakit lain sehingga perlu pemeriksaan oleh dokter guna pemeriksaan lebih lanjut.

4. Nyeri Panggul, Punggung, atau Kaki yang Berkelanjutan

Nyeri pada beberapa bagian tubuh seperti panggul, punggung, atau kaki kemungkinan disebabkan karena tersumbatnya pembuluh darah yang ada di daerah panggul oleh benjolan kanker. Penyumbatan ini biasanya akan membuat pembengkakan di salah satu bagian tubuh seperti tungkai.

5. Muncul Darah di Urine

Gejala kanker serviks yang perlu diwaspadai selanjutnya adalah munculnya bercak darah di urine. Urine yang bercampur darah bisa jadi menjadi salah satu gejala kanker serviks. Apabila mengalami gejala diatas, segera periksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

6. Hilang Nafsu Makan

Gejala kanker serviks berikutnya adalah hilangnya nafsu makan. Hal ini disebabkan oleh perubahan metabolisme tubuh akibat sel kanker sehingga nafsu makan menjadi menurun.

7. Penurunan Berat Badan

Penurunan berat badan yang tidak wajar juga patut untuk diwaspadai. Selain karena hilangnya nafsu makan, gejala di atas juga patut dicurigai sebagai satu tanda kanker serviks.

Baca Juga: Daftar Orang Terkaya di Indonesia, Kekayaan Hartono Bersaudara Turun

8. Keluar Feses dari Vagina

Gejala kanker serviks berikutnya dikatakan jarang terjadi. Namun gejala diatas bisa saja terjadi saat kanker telah memasuki stadium lanjut dan serviks mengalami kebocoran sehingga terjadi malfungsi yang menyebabkan keluarnya tinja dari vagina.

Hal ini dapat terjadi karena fistula yang terbentuk di antara vagina dan anus sehingga feses dapat melewati vagina.

Perlu dicatat bahwa gejala-gejala di atas bisa jadi disebabkan oleh penyakit atau infeksi lainnya. Namun apabila gejala-gejala di atas mulai muncul, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter yang bersangkutan untuk pencegahan dini dari penyakit kanker serviks.

Pencegahan awal melalui vaksinasi HPV juga bisa dilakukan guna terhindar dari keganasan kanker serviks. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga